EFEK VARIASI PUTARAN MOTOR TERHADAP SIFAT MEKANIK Cp Ti DALAM PROSES WIRE DRAWING DENGAN PELUMASAN GEMUK

Authors

  • Juli Arsad Universitas Bung hatta
  • Iqbal Universitas Bung hatta

Keywords:

Cp Ti, Variasi Putaran, Wire Drawing.

Abstract

Kawat titanium bisa digunakan di berbagai industri, seperti automotif, biomedis, petrokimia, perikanan, hal ini karena karakteristiknya yang luar biasa, dan juga sifat mekaniknya yang sangat baik seperti kekuatan spesifik yang tinggi, ringan, ketahanan korosi yang baik, serta biokompatibilitas yang sangat baik, dan lain-lain. Pada penelitian ini, akan di lakukan pengujian yang bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Efek Variasi Putaran Motor Terhadap Sifat Mekanik Cp Ti Dalam Proses Wire Drawing Dengan Pelumasan Gemuk. Untuk itu perlu dilakukan Uji Wire Drawing, dan Uji Kekerasan pada Uji Wire Drawing menggunakan variasi kecepatan karena merupakan salah satu parameter pengujian yang mungkin akan berpengaruh pada hasil spesimen yang telah di uji sehingga memiliki daya guna yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan teknologi dan menjadi material alternatif sebagai pengganti kawat baja yang digunakan pada bidang ortodontik. Dapat disimpulkan dari pengujian yang telah dilakukan yaitu semakin tinggi kecepatan penarikan kawat melalui Wire Drawing maka sifat mekanik dari kawat Cp Ti akan meningkat dari segi kekuatan, kekakuan dan kekerasan lalu keuletan kawat berkurang.

Author Biographies

Juli Arsad, Universitas Bung hatta

universitas bung hatta

Iqbal, Universitas Bung hatta

universitas bung hatta

References

Asfarizal, Adri Jamil. Pengaruh Variasi Sudut Dies Terhadap Penarikan Kawat Alumunium .Jurnal. Teknik Mesin Vol.2, No. 1, Oktober 2012 : 41-48.

Aziz Nur Eva. Analisis Sifat Fisis Dan Mekanis Alumunium Paduan Al-Si-Cu Dengan Menggunakan Cetakan Pasir. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadyah. Surakarta.2012

Cut Yulian Fitriani *, Awaluddin Wibawa “Biokompatibilitas Material Titanium Implan Gigi ” Received date: October 7th, 2019; reviewed date: October 14th, 2018; revised date: November 8th, 2019; accepted date: November 12nd, 2019.

Callister, William D. 2007. Material Science and Engineering. USA : Jhon Willey & Son, Inc.

Changsun Moon and Naksoo Kim. Analisys of Wire Drawing With Fricton And Thermal Condition Obtined By Inverse Engineering. Jurnal. Journal of Mechanical Science And Technology 26 (2012) 2903-2911.

Chongqiu Yang. 2015. “Titanium wire drawing with longitudinal-torsional composite ultrasonic vibration. Jurnal. School of Mechatronics Engineering, Harbin Institute of Technology, China.

Downloads

Published

2022-03-07