PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK POLY PROPYLENE (PP) DALAM PEMBUATAN PAVING BLOK_Warsa

Authors

  • Muhammad Warsa Rifki Universitas Bung Hatta
  • Maria Ulfah Universitas Bung Hatta

Keywords:

Daya SerapAir, Kuat Tekan, Paving block, Plastik, Poly Propylene, Semen.

Abstract

Salah satu alternatif daur ulang plastik yang menarik adalah penggunaan limbah plastik sebagai campuran semen untuk menghasilkan komposit semen plastik dan sebagai agregat beton untuk menghasilkan bahan konstruksi. Penggunaan plastik untuk bahan konstruksi dapat meningkatkan elastisitas dan daya tahan serta menurunkan densitas sehingga bahan menjadi lebih ringan. Selain itu penggunaan limbah plastik juga diharapkan dapat menghasilkan bahan konstruksi dengan harga yang lebih murah, serta yang penting lainnya adalah adanya alternatif solusi dalam penangan dan pemanfaatan limbah plastik guna mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai uji kuat tekan paving block yang menggunakan bahan baku dari limbah plastik dan mengetahui nilai uji daya serap paving block yang menggunakan bahan baku dari limbah plastik. Pada penelitian dilakukan pembuatan paving blok dari limbah plastik jenis PP dengan menggunakan pasir, semen, plastik dan air. Variasi yang digunakan adalah Massa Semen 250 gram, Waktu Perendaman 8 hari, kompossi sampah plastik (0%, 1%, 1,5%, 2%, 2,5%), Pasir ( 1250 gram, 1237,5 gram, 1231,25 gram, 1225 gram dan 1218,75 gram). Berdasarkan SNI 03-0691 (1996), paving block dari limbah plastik PP sudah memasuki klasifikasi paving block mutu D dengan kuat tekan minimum 8,5 mPa yang digunakan untuk taman dan penggunaan lainnya.

References

Anthony, S., Hartati., Hastiana, Y., Hirza, B dan Teguh. (2020). Memanfaatkan Limbah Plastik Menjadi Paving Block. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 02 (1) : 1-4.

Asnur, Syamfitriani dan Setiawan, A. (2020). Sosialisasi Pembuatan Paving Block Dari Limbah Plastik Berbasis Pemberdayaan Masyarakat di Kota Makassar. Jurnal Dedikasi. Vol. 22 (1) : 1-4.

Basuki, B. dan Darmanijati, MRS. (2018). Pemanfaatan Limbah Plastik Bekas Untuk Bahan Utama Pembuatan Paving Block. Jurnal Rekayasa Lingkungan. Vol. 18 (1) : 1-7.

Enda, D., Lizar., Rahman, B., Sastra, M dan Zulkarnain. (2019). Penggunaan Plastik Tipe Pet Sebagai Pengganti Semen Pada Pembuatan Paving Block. Jurnal Inovtek Polbeng. Vol. 09 (2) : 214-218.

Indrawijaya, B., Iswadi, D dan Setyowati, A. D. 2018. Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Komposit Semen Dan Agregat Untuk Pembuatan Paving Blok Beton. Laporan Akhir. Universitas Pamulang : Tangerang Selatan

Pasaribu, F. I. 2017. Pemanfaatan Limbah Cacahan Plastik Polyethilene Terephtalate (PET) Sebagai Tambahan Pembuatan Paving Block. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Medan Area.

SNI 03-0691-1996,“ Bata Beton (Paving Block)”, Badan Standard Nasional

Downloads

Published

2022-04-04