PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA) DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) PADA UMKM MINANG KAYO

Authors

  • Jeri Alfaringga
  • Yesmizarti Muchtiar

Keywords:

Sepatu Kulit, Kualitas, FTA, FMEA

Abstract

UMKM Minang Kayo yaitu perusahaan yang bergerak di bidang industri pembuatan sepatu kulit. yaitu sepatu pantofel, casual, boot, pansus dan sandal dengan bahan baku utama kulit sapi dan menggunakan kulit domba bila ada permintaan pesanan dari konsumen. Dari survey awal ditemukan cacat dari produk sepatu. Untuk itu dibutuhkan identifikasi penyebab dari cacat produk dan usaha yang harus dilakukan untuk menghilangkan faktor penyebab terjadinya cacat produk tersebut. Pada penelitian kali ini digunakan metode Failure Tree Analysis (FTA) dan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis). Dari hasil penelitian didapatkan penyebab cacat yang terjadi yaitu pemotongan pola tidak sesuai, hasil pemotongan miring, hasil jahitan miring, jahitan lepas, lem tidak rapi dan renggang. Solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi kejadian ini adalah melakukan pengawasan terhadap operator serta memberikan pelatihan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, D. A., & Putra, N. P. (2012). Implementasi Six Sigma untuk Mengurangi Cacat Las Jenis Porosity pada Pengelasan Pipa Steam di Project Nnd Area 12 Pt. Cpi Duri Riau, Menara Ekonomi, ISSN : 2407-8565; E-ISSN: 2579-5295, Volume V No. 2.

D.H. Stamatis, Failure Mode and Effect Analysis :FMEA From Theory to Execution, Milwauke: ASQC Quality, 1995

Gaspersz, V. (2002). Pedoman Implementasi Program Six Sigma Terintegrasi dengan ISO 9001:2000, MBNQA, dan HACCP. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Anggraeni, Feni Dwi, 2019. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah(UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing,Kota Malang): Jurnal AdministrasiPublik (Jap), Vol. 1, No. 6, Hal. 1286-1295. Malang ; Universitas Brawijaya.

Liker, J., 2004, The Toyota Way: 14 management Principles From The World’s Greatest Manufacturer. New York : McGraw-Hill

Ardiansyah, Nuzul., & Wahyuni, Hana Catur. (2018). Analisis kualitas Produk Menggunakan Metode FMEA dan Fault Tree Analysis (FTA) di Exotic UKM Intako, Journal of Applied Business Administration Vol 2, No 1, hlm. 29-45. e-ISSN:2548-9909.

Firdaus, Rahman, 2010. “Perbaikan proses produksi muffler dengan metode FMEA pada industry kecil di Sidoarjo”, Journal of Industrial Engineering, Scientific Journal on Research and Application of Industrial System, Vol. 3, No.2, Hal 105-118.

Bakhtiar Arfan, Diana Puspitasari, Diah ayu Wulandari. Analisis Kegagalan Pengolahan Produk Piring Menggunakan Metode Failure Mode, Effect Analysis dan Fault Tree Analysis di PT. Sango Ceramics Indonesia

Hanif, Richma Yulinda, Hendang Setyo Rukmi, Susy Susanty. (2015). Perbaikan Kualitas Produk Keraton Luxury di PT. X Dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA).

Gunawan, I. (2017). Analisa Kegagalan Proses Regenerasi Water Treatment Plant 2 PLTGU Unit Pembangkit Gresik dengan Metode FMEA dan FTA (Studi Kasus di PT PJB UP. Gresik) 2017.

Downloads

Published

2022-03-16