OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI CLC (CELLULER LIGHTWEIGHT CONCRETE) DENGAN METODE GOAL PROGRAMMING

Authors

  • Iqbal Vilihanda
  • Lestari Setiawati

Keywords:

Optimum, Produksi, Biaya Produksi, Keuntungan, Goal Programming

Abstract

CV. Beton Blok Padang merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi bahan bangunan berupa bata ringan/CLC. Pada saat ini perusahaan mengalami fluktuasi dalam permintaan pasar karena produksi di perusahaan ini bersifat konstan tiap harinya yang menyebabkan perencanaan produksi di perusahaan ini overstock dan stockout. Jika perusahaan ini mengalami overstock maka akan terjadi pembengkakan biaya produksi yang besar bagi perusahaan dan jika stockout terjadi maka tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan. Perusahaan tidak memiliki nilai yang pasti dalam serangkaian goal yang ada seperti batasan jumlah item yang diproduksi, jumlah persediaan maksimal/minimal yang diperbolehkan, batasan ketersediaan jam kerja dan pendapatan minimal dengan kendala target produksi minimal yang harus dicapai. Penelitian dilakukan dengan membuat perencanaan produksi untuk menghitung jumlah produksi optimal dengan metode goal programming. Dari hasil penelitian dengan penerapan metode goal programming ini jumlah produksi solusi optimal yang didapatkan sebesar 95.373 Unit/CLC, Biaya produksi dengan solusi optimal sebesar Rp 574.518.264, dan Keuntungan dengan solusi optimal sebesar Rp 231.798,186.

References

Chowdary dan Slomp. (2002). Production Planning Under Dynamic Product Environment. A Multi-Objective Goal Programming Approach.

Devani, Vera. (2009). Optimasi Perencanaan Produksi dengan Menggunakan Metode Goal Programming. Jurnal. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Riau.

D. Sutrisno, A. Sahari dan D. Lusiyanti. (2017). Aplikasi Metode Goal Programming Pada Perencanaan Produksi Klappertart pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Najmah Klappertart. JIMT, 25-38.

Elikson Damanik, Parapat Gultom, dan Esther S.M Nababan. (2013). Penerapan Metode Goal Programming untuk Mengoptimalkan Produksi Teh. Santia Matematika, 117-128.

McAllister’s, D. Charles. (2002). Goal Programming Aplication in Multidisciplinary Design Optimization.

Noviyarsi, Lestari Setiawati, Arhamna Arisya, 2018, Optimization of Production Planning Using Goal Programming Approach at Chocolate Factory, MATEC Web of Conferences, 2018

Downloads

Published

2022-03-16