STRATEGI PEMASARAN LOBSTER BERDASARKAN ANALISIS STRENGHTS, WEAKNESSES, OPPORTUNITIES, THREATS (SWOT) DI PERUSAHAAN BLASTER FARM

Authors

  • Fathur Rahman
  • Dessi Mufti

Keywords:

Pengelolaan strategi, analisis SWOT, IFAS dan EFAS

Abstract

Blaster Farm bergerak dalam bidang usaha lobster, yang berdiri sejak tahun 2018. Blaster Farm terletak di Simpang Bulaan jalan Demang Darwis, Lubuk Basung. Penjualan dari Blaster Farm cukup bagus karena usaha lobster ini masih tergolong baru. Namun pernah terjadi penurunan volume penjualan disebabkan tingkat persaingan yang semakin tinggi dan semakin banyaknya usaha pendirian lobster dikalangan masyarakat. Penjualan Blaster Farm yang sempat menurun juga dipengaruhi oleh kondisi pandemi covid-19. Pada penelitian ini dilakukan kajian tentang Analisa Strategi Pengelolaan Usaha Menggunakan Metode Analisys SWOT. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengidentifikasi kondisi internal dan eksternal pada usaha lobster serta merumuskan strategi pengembangan usaha lobster. Setelah dilakukan kajian tentang kondisi internal dan eksternal pada Blaster Farm menggunakan analisyst SWOT, IFAS dan EFAS diperoleh hasil yaitu, kekuatan 2,205 kelemahan 0,886 dan peluang 1,482 serta ancaman 1,442 sehingga pada diagram kartesius menunjukan posisi Blaster Farm berada pada kuadran II. Posisi kuadran II yaitu artinya Blaster Farm berada dalam kondisi berbagai ancaman, akan tetapi Blaster Farm masih memiliki kekuatan yang lebih besar dari pada ancaman yang ada, sehingga Blaster Farm tetap mampu bertahan dalam merebut pangsa pasarnya apababila Blaster Farm bisa memaksimalkan kekuatan yang dimiliki.

References

Aunurrofiq, M & Iwan Junaedi. 2017. Kecemasan Matematik Siswa Dalam Menyelesaikan Soal -Soal Pemecahan Masalah. UJMER. Vol 7 (2) : 157 - 166.

David, R. Freid, 2009. Manajemen Strategi Konsep. Salemba empat, Jakarta.

Ilmi, Jainal. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Cafe dan Restaurant Day Avenue Banjarmasin. Laporan Hasil Penelitian IAIN Antasari, Banjarmasin.

Mongi, Rima Gratsia. (2017). Strategi Promosi Batik Plumpungan Untuk Menarik Minat Konsumen Dengan Menggunakan Analisis SWOT. Jurnal ilmiah Teknologi Informasi

Downloads

Published

2022-03-16