Perencanaan Penyediaan Air Bersih Pada Tangki Berbasis Programmable Logic Controller PTPelindo II (Teluk Bayur) Padang Sumatera Barat_Alfin K

Authors

  • Alfin Kurniawan Universitas Bung Hatta
  • Hidayat Hidayat Universitas Bung Hatta
  • Arnita Arnita Universitas Bung Hatta

Keywords:

PLC, water level control, motor pompa air, selenoid velve

Abstract

Kebutuhan akan air bersih merupakan kebutuhan yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Mendapatkan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pada umumnya masyarakat menggunakan pompa air untuk memenuhi kebutuhan mereka, Dalam perencanaan penyedian air bersih pada tangki berbasis Plc di PTPelindo II Teluk Bayur Padang Sumatera Barat 6 buah gedung (stey Buruh) yang akan disuplay air bersih, Salah satu sistem control yang dipakai adalah programmable logic controller (PLC). Dengan pemakaian tangki tersebut kita sering melakukan pengukuran terhadap tinggi air. Dalam satu tangki air terdapat sensor watel level swicth yang bertujuan untuk mengetahui ketingian permukaan air dalam tangki. Untuk mengaliri/ membuka jalan dan menutup jalan dari pipa distribusi ke tangki menggunakan selenoid velve.

References

Tri Joko, 2016.’’Instalasi Pengolahan Air (IPA) Instalasi pengolahan air“.Diponegoro University. Jawa Timur

Bolton, W., 2018, Programmable Logic Controller (PLC), alih bahasa oleh: IrzamHarmeni, edisi ketiga, Penerbit Erlangga

Widiastuti, Oktisa. 2014. Perancangan dan Implementasi Sistem Pengisian Air Berbasis Programmable Logic Control (PLC) Omron CPM2A. Jurnal Tugas Akhir UNDIP.

Downloads

Published

2022-04-04