PERANCANGAN ALAT PROTEKSI ARUS LEBIH DIGITAL MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC APLIKASI MODUL PRAKTIKUM OCR_Vikran IM

Authors

  • Vikran Ika Marzah Universitas Bung Hatta
  • Cahayahati Cahayahati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Prototype OCR, karakteristik OCR , Fuzzy Logic dan Arduino Mega 2560

Abstract

Di era sekarang ini teknologi berkembang semakin pesat. Perkembangan yang pesat pada sistem tenaga listrik baik dalam ukuran dan kompleksitasnya membutuhkan relay proteksi yang handaluntuk memproteksi peralatan-peralatan listrik akibat gangguan. Gangguan yang terjadi salah satunya adalah berupa arus lebih, sehingga dapat merusak peralatan. Arus berlebih biasanya disebabkan oleh gangguan hubung singkat, kesalahan pemasangan jaringan, kerusakan pada alat kelistrikan dan lain-lain. Pada OCR memiliki beberapa karakteristik yaitu Instantaneous, Difinite Time, dan Invers OCR. Pada penelitian ini akan dirancang sebuah Prototype OCR dengan Processor Microcontroller Arduino mega 2560 dengan menggunakan beberapa karakteristik OCR tersebut. Khususnya pada karakteristik Invers OCR yang memiliki persamaan untuk menentukan waktu trip atau, akan diberikan logika fuzzy untuk mengatur nilai Time Multiplier Setting (TMS) yang terdapat pada persamaan OCR, yang mana TMS biasanya disetting secara manual berdasarkan kebutuhan jaringan listrik.

References

Mohammad Aris Munandar ” Koordinasi setting rele proteksi menggunakan metode fuzzy logic terhadap penambahan distributed generatorion (DG) dan kapasitor

daya pada jaringan distribusi radial” 2018.

Arif Rahmadi Anwar, Diky Siswanto, " Prototipe Pengawas Sistem Proteksi Arus Lebih Elektronik Secara Nirkabel" Jurnal SIMETRIS, Vol. 11 No. 1, 2020.

Downloads

Published

2022-04-04