PEMBUATAN TURBIN ULIR ARCHIMEDES TENAGA MIKROHIDRO

Authors

  • Apdia Rahmat Universitas Bung hatta
  • Rizky Arman Universitas Bung hatta

Keywords:

pemilihan bahan, Proses Pembuatan dan Peforma Turbin

Abstract

Turbin Archimedes screw Tenaga Mikrohidro dapat digunakan di Head air rendah sebagai sarana Pembangkit listrik. Prinsip kerja turbin Archimedes screw ini yaitu, air dari ujung atas mengalir masuk ke ruang di antara kisar blade screw (bucket) dan keluar dari bagian bawah. Sehingga menimbulkan gaya berat air dan beda tekanan hidrostatik dalam bucket di sepanjang rotor mendorong blade screw dan memutar rotor pada sumbunya. Kemudian rotor turbin memutar generator listrik yang disambungkan dengan ujung atas poros turbin screw sehinga dapat menghasilkan listrik. Proses pemesinan dilakukan untuk pembuatan Turbin Archimedes dengan menggunakan alat konvensional yang tersedia pada Labor Prestasi Mesin, diantaranya proses cutting, proses pengelasan, proses pengeboran serta melakukan proses finishing yang meliputi pengamplasan dan pengecatan. Pembuatan dan pengujian ini bertujuan untuk melakukan tahapan proses dan tahapan assembly serta melakukan pengujian terhadap performa dari Turbin Ulir Archimedes. Dari hasil pembuatan Turbin ulir Archimedes, setelah dilakukan pengujian kontruksi kokoh dan berfungsi sesuai dengan Analisa perancangan. Oleh karena itu Turbin Ulir Archmedes bisa digunakan pengujian dan pengambilan data.

Author Biographies

Apdia Rahmat, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

Rizky Arman, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

References

Agapiou,1992, Optimization Of Machining Techniques, Production Engineering Division For Publication in the Journal Of Engineering For Industry.

Budiarto Slamet, 2004, Proses Manufaktur, Institut Teknologi Sepuluh November,Surabaya.

Chandiramani, 1975, Fundamentals of cutting, Tata McGraw-Hill Publishing Co, New Delhi.

Graham E, 1990, Maintenance Welding, Prentice-Hall Inc: New Jersey.

Harja, H. B., Abdurrahim, H., Yoewono, S., & Riyanto, H. (2014). Turbin Pada Turbin Ulir Archimedes. Issn, 36(1), 2.

Havendri, A., & Arnif, I. (2000). Kaji Eksperimental Penentuan Sudut Ulir Optimum Pada Turbin Ulir Untuk Data Perancangan Turbin Ulir Pada Pusat Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Dengan Head Rendah. Sumber, 1500, 1-35

Putra, I. G. W., Weking, A. I., & Jasa, L. (2018). Analisa Pengaruh Tekanan Air Terhadap Kinerja PLTMH dengan Menggunakan Turbin Archimedes Screw. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 17(3), 385-392.

Rizki Yulnadri Tanjung. Duskiardi. Iman Satria, 2020, “Pembuatan Alat Bending Pipa”, Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin, Universitas Bung Hatta, Padang.

R.Thomas Wright, 2005, Processes Of Manufacturing, The Goodheart-Willcox Compay,Inc.

Saefudin, E., Kristyadi, T., Rifki, M., & Arifin, S. (2018). Turbin Screw Untuk Pembangkit Listrik Skala Mikrohidro Ramah Lingkungan. Jurnal Rekayasa Hijau, 1(3), 233–244. https://doi.org/10.26760/jrh.v1i3.1775

Downloads

Published

2022-08-15