DESAIN KEMASAN BUBUK KOPI DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING

Authors

  • Frisca Ledinda
  • Aidil Ikhsan

Keywords:

desain kemasan, kansei engineering, pemasaran produk.

Abstract

Usaha bubuk kopi Pak Iben adalah usaha industri rumahan yang memproduksi bubuk kopi. Salah satu pengembangan kemasan yang ingin dicapai dari bubuk kopi Pak Iben adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha dengan memperluas target pasar yang baru, dikarenakan pemasaran produk saat ini belum dikemas dengan baik. Tujuan penelitian yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah mengidentifikasi kansei word yang mempengaruhi desain kemasan dan merancang desain kemasan produk bubuk kopi yang diminati konsumen. Sehingga peneliti akan melakukan studi lebih lanjut untuk melakukan proses pembuatan desain kemasan dengan menggunakan metode kansei untuk mempertimbangkan desain kemasan dari konsumen langsung agar dapat memiliki daya tarik pelanggan dan memperluas target pasar dari usaha bubuk kopi ini. Metode kansei engineering dipilih karena dengan metode ini item-item dalam pertimbangan desain kemasan diperoleh langsung dari keinginan konsumen, kemudian diterapkan kedalam parameter desain. Sehingga hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah alternative desain ke 2, karena hampir semua faktor desain kemasan yang diwakili.

References

BPS. (2018). Statistik Kopi Indonesia. Badan Pusat Statistik.

Cenadi, Christine S. Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Jurnal Nirmana volume 1 nomor 1, Unversitas Kristen Petra, Surabaya, 1999.

Isa, I.G.T.; Hadiana A. 2017, Implementasi Kansei Engineering dalam Perancangan Desain Interface E- Learning Berbasis web (Studi Kasus: SMK Negeri 1 Sukabumi). Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi Volume 3 Nomor 1.

Nagamachi, M., & Lokman, A. M. (2008). Innovations of Kansei Engineering. Boca Raton: CRC Press.

Swastha, B 1999, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Ketiga Yogyakarta, Liberty.

Downloads

Published

2022-08-14