ANALISA KEHANDALAN MESIN STERILIZER MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE MAINTENANCE DI PT. KRESNA DUTA AGROINDO

Authors

  • Alandra Pratama
  • Ayu Bidiawati JR

Keywords:

Performance Maintenance, Kehandalan (reliability).

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mendapatkan tingkat kehandalan mesin dan komponen mesin sterilizer. Hasil penelitian didapatkan komponen yang diprioritaskan adalah packing pintu rebusan dengan nilai Risk Priority Number (RPN) 198, selanjutnya mengunakan metode Performance Maintenance untuk menganalisa kehandalan komponen dan mesin sterilizer, didapatkan kehandalan (reliability) komponen packing pintu rebusan tidak baik karena berada diangka 30,88% untuk satu bulan pemakaian dan kehandalan (reliability) mesin sterilizer tidak baik, karena nilai yang didapatkan untuk satu bulan pemakaian atau 240 jam waktu operasi adalah 7,80%.

References

Risfan, J. F. (2018). Analisa Keandalan Sterilizer Vertikal Menggunakan Reliability Block Diagram Berdasarkan Identifikasi Kegagalan Melalui Failure Mode and Effect Analysis, Fault Tree Analysis dan Root Cause Analysis.

Effendi, Z., & Rangkuti, I. U. P. (2017). Analisa Reliability, Maintainability dan Availability Untuk Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Sterilizer di Pabrik Kelapa Sawit. Jurnal Agro Estate, 1(1).

Dwi Priyanta, 2000. Keandalan dan Perawatan. Surabaya: Institut TeknologiSurabaya.

Djunaidi, M. dan Sufa, M. F. (2009). Usulan Interval Perawatan Komponen Kritis pada mesin pencetak botol (Mould) Gear Berdasarkan Kriteria Minimasi Dowtime. Laboratorium Sistem Produksi, Jurusan Teknik industri: Surakarta.

.

Downloads

Published

2022-08-14