ANALISA MANUAL HANDLING PROSES PENUANGAN MINYAK JELANTAH DENGAN METODE QUICK EXPOSURE CHECK (QEC) DAN NORDIC BODY MAP (NBM) DI CV. ABS

Authors

  • Ghaffa Firjatullah
  • Yusrizal Bakar
  • M. Nursyaifi Yulius

Keywords:

Ergonomi, Quick Exposure Check, Nordic Body Map

Abstract

Produktivitas seorang operator dapat dipengaruhi oleh kondisi dari stasiun kerja tempat operator tersebut melakukan aktivitas kerjanya. Kondisi dari stasiun kerja ataupun lingkungan kerja yang baik bagi seorang operator tentunya adalah kondisi yang efektif, nyaman, aman, sehat dan efisien. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk menentukan Action Level pada proses kerja penuangan minyak jelantah terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) operator dengan menggunakan metode Quick Exposure Check (QEC) dan Nordic Body Map (NBM) di CV. ABS. Menurut hasil kuesioner dan perhitungan QEC, operator Daren dan Adi memiliki Action Level 59,09% dan 56,81% dalam kategori 3 yaitu perlu penelitian lebih lanjut dan dilakukan perubahan. Sedangkan hasil kuesioner NBM operator Daren dan Adi memiliki Action Level 71 dan 72 dalam kategori 3 yaitu diperlukan tindakan segera. Perlu adanya penambahan alat bantu seperti alat pengangkatan dirigen supaya operator yang melakukan proses kerja pengangkatan dan penuangan minyak jelantah terhadap tank penyaring bisa merasa nyaman dan aman dalam melakukan pekerjaan.

References

Nurmianto, Eko. 2004. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya: Edisi Pertama. Surabaya: Guna Widya.

Suhadri, B., 2008. Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi Industri Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Tarwaka, Solichul H.B, Lilik S. 2004. Ergonomi untuk Keselamatan Kerja dan Produktivitas. Surakarta: Universitas Brawijaya Press.

Tarwaka. (2015a). Ergonomi Indusrti (Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. (M. E. Tarwaka, PGDip.Sc., Ed.) (2nd ed.). Surakarta-Indonesia: Harapan Press.

Downloads

Published

2022-08-14