PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI PT. LEMBAH KARET

Authors

  • Wahyu Diansyah Putra
  • Yesmizarti Muchtiar

Keywords:

Pemilihan supplier, Analytical Hierarchy Process

Abstract

Dalam penelitian ini membahas penentuan kriteria pemilihan supplier yang dibutuhkan agar terjadinya kelancaran proses produksi pada perusahaan. Oleh karena itu dilakukan pemilihan supplier bahan baku menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan supplier yang tepat bagi PT. Lembah Karet, berdasarkan bobot dari kriteria-kriteria yang ditentukan dan sesuai dengan standar perusahaan. Hasil penelitian bobot kriteria kualitas sebesar 67,98, kemudian ketepatan jumlah sebesar 31,19, kemudian ketepatan pengiriman sebesar 15,35 dan terakhir layanan sebesar 8,62. Supplier yang memiliki bobot paling tinggi adalah CV. HARAPAN BARU MANDIRI dengan bobot sebesar 0,69, selanjutnya SAHIR dengan bobot sebesar 0,19 dan ZUL dengan bobot sebesar 0,12.

References

Saaty T. L., (1980). The Analytical Hierarchy Process: Planning, Priority Setting, Resource Allocation, McGraw-Hill Book Company, United States of America.

Saaty, Thomas L. (2008). Decision making With The Analytic Hierarchy Process. University of Pittsburgh. USA.

Supriadi A., dkk. (2018). Analytical Hierarchy Process (AHP). CV Budi Utama, Yogyakarta

Chamid, Ahmad Abdul dkk. (2015). Implementasi Metode AHP dan Promethee Untuk Pemilihan Supplier. Jurnal Sistem Informasi Bisnis 02(2015).

Downloads

Published

2022-08-14