PENGEMBANGAN PRODUK RENDANG LOKAN TITIK HABIBIE MENGGUNAKAN METODE RASIONAL

Authors

  • Yuli Marni
  • Aidil Ikhsan

Keywords:

rendang lokan, pengembangan produk, metode rasional.

Abstract

Usaha rendang lokan Titik Habibie merupakan usaha rumahan yang bergerak dibidang kuliner khas Pesisir Selatan yaitu rendang lokan yang berbahan dari kerang lokan (geliona erosa). Pada penelitian ini dilakukan pengembangan produk rendang lokan Titik Habibie untuk meningkatkan dan pengembangan usaha maka dalam penelitian ini dilakukan pengembangan produk dengan menambah fungsi pemanas makanan sehingga rendang lokan dan nasi bisa dinikmati dalam keadaan panas. Tujuan penelitian yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah pengembangan produk rendang lokan Titik Habibie untuk memperpanjang jangka masa produk dan desain ulang kemasan rendang lokan dengan fungsi pemanas (self heating). Sehingga peneliti akan melakukan studi lebih lanjut untuk melakukan proses pengembangan produk dengan menggunakan metode rasional karena metode ini memiliki suatu urutan yang sistematis dalam setiap tahapannya. Sehingga didapatkan hasil evaluasi alternatif rancangan pengembangan produk dengan mempertimbangkan faktor bentuk kemasan, ukuran, keterangan informatif dan keamanan konsumen dalam aspek ergonomis.

References

Cenadi, Christine S. Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Jurnal Nirmana volume 1 nomor 1, Unversitas Kristen Petra, Surabaya, 1999.

Cross, N. (2005). Engineering Design Method 2nd Edition. Chicester: John Wiley & Sons Ltd.

Kotler, Philiph dan Amstrong, Gary. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Klimchuk, Marianne Rosner dan Krasovec, Sandra A. 2007. PRODUK: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.

Saladin, D. (2006). Manajemen pemasaran. Edisi Keempat, Bandung: Linda Karya.

Downloads

Published

2022-08-14