ANALISA NILAI KALOR DARI PELLET ENERGI SERBUK TEMPURUNG KELAPA DAN FLY ASH DENGAN PENGIKAT TEPUNG TAPIOKA

Authors

  • Hendra Brezi Universitas Bung hatta
  • Burmawi Universitas Bung hatta

Abstract

Pemerintah sedang berusaha untuk menemukan sumber-sumber pengganti energi terbarukan seperti energi biomassa. Biomassa merupakan salah satu energi terbarukan dengan bentuk yang padat dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan. Limbah sisa produksi baik itu rumah tangga, perkebunan maupun sampah dari proses alam seperti daun-daun yang gugur sebagai bahan bakunya. Bahan baku dalam penelitan ini adalah serbuk tempurung kelapa dengan tambahan fly ash batubara dengan pengikat tapioka. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah menganalisa nilai kalor, kadar air dan kadar abu dari pelet serbuk tempurung kelapa serta menganalisa pengaruh penambahan fly ash batubara terhadap pelet serbuk tempurung kelapa. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Perbandingan komposisi antara tapioka : fly ash batubara : serbuk tempurung kelapa adalah a.) 30 : 10 : 60 b.) 25 : 10 : 65 c.) 20 : 10 : 70 d.) 15 : 10 : 75 e.) 10 : 10 : 80. Untuk mendapatkan karakteristik berupa nilai kalor, kadar air dan kadar abu dari pelet energi yang dibuat, dilakukan analisi proksimat di laboratorium. Nilai kalor yang tertinggi dimiliki oleh briket dengan komposisi 10 : 10 : 80 sebesar 3864,27 kal/g.

Author Biographies

Hendra Brezi, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

Burmawi, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

References

Andhany, B. Kinerja Bom Kalorimeter Pada Pengukuran Nilai Kalor Biosolar.Universitas Diponegoro. 2016

Budi, E. Tinjauan Proses Pembentukan Dan Penggunaan Arang Tempurung Kelapa Sebagai Bahan Bakar. Universitas Negri Jakarta, 2011.

Gunawan Febby, N. Pengaruh Kombinasi Filler (Tepung Tapioka–Tepung Beras Ketan Dan Tepung Terigu–Tepung Beras Ketan) Dan Bentuk Terhadap Karakteristik Kerupuk Putih Telur. Universitas Katolik Soegijapranata.2010

Hasanuddin dan Idham L. Pembuatan Biopelet Ampas Kelapa Sebagai Energi Bahan Bakar Alternatif Pengganti Minyak Tanah. Universitas Negri Gorontalo, 20212.

Kristanti, R. Penggunaan Sebagian Tepung Tapioka Sebagai Pengganti Sebagian Tepung Beras Ketan Dalam Pembuatan Ladu. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. 2019.

Liun, E. Potensi Energi Alternatif Dalam Sistim Kelistrikan Indonesia. Badan Tenaga Nuklir Nasional, 201

Downloads

Published

2022-08-18