ANALISA SIFAT MEKANIK KOMPOSIT SERAT SABUT DAN SERBUK BATANG KELAPA DENGAN PENGIKAT RESIN POLYESTER

Authors

  • Rendra Hidayatullah Universitas Bung hatta
  • Burmawi Universitas Bung hatta

Keywords:

Pohon kelapa, Komposit serat sabut kelapa, Pengujian Sifat Mekanik

Abstract

Indonesia adalah merupakan penghasil kelapa terbesar di dunia sebesar 18.3 juta ton pertahunnya. Sabut kelapa merupakan hasil samping dan merupakan bagian yang terbesar dari buah kelapa, yaitu sekitar 35 persen dari bobot buah kelapa.. Pada pengujian tarik menggunakan alat uji Tensile test HT-2402 Computer UTM kapasitas mesin sebesar 50KN dengan standar pengujian tarik ASTM E8 E13-A, pada pengujiam impak menggunakan jenis mesin Torsee dengan metode charpy impact testing machine memakai standar ASTM D 6110. hasil pengujian didapatkan kekuatan tarik nya adalah 5.96 Mpa Pada uji impak memakai standar pengujian ASTM D 6110. Maka di dapat hasil rata-rata kekuatan impak 0,098 J/m2. Komposit serat sabut berpenguat resin polyester dengan susunan tata letak random mampu menahan tegangan tarik paling bagus Hal ini sejalan dengan teori Lawrence ( 1989 ) menyatakan bahwa matrik dengan berpenguat serat dianyam dalam dua arah tegak lurus dapat diperoleh kekuatan yang lebih baik dalam arah tersebut .

References

Astika I Made ., I Putu Lokantara., (2013). Karakteristik Sifat Tarik Dan Mode Patahan Komposit Polimer dengan Penguat Serat Sabut Kelapa, 535-541.

Bakhri. (2011, Januari 1). Tinjauan Aplikasi Serat Sabut Kelapa sebagai Penguat Material Komposit Jurnal Mekanikal, 10-15.

Downloads

Published

2023-03-10