Analisa Kekuatan Tekan Komposit Hidroksiapatit Silika Temperatur Sintering 900℃

Authors

  • Riszan Vitosya Universitas Bung Hatta
  • Burmawi Universitas Bung Hatta

Keywords:

: Material Biokomposit, Bahan Implan Tulang, Hidoksiapatit, Silika, Kekuatan Tekan.

Abstract

Tingginya tingkat kecelakaan dan cacat tulang di Indonesia, sehingga perlu dikembangkan material baru sebagai bahan untuk implan tulang yang aman dan mudah untuk ditemukan. Sebagai baku untuk implan tulang bisa digunakan dari matrial komposit, material komoposit merupakan salah satu bahan baru hasil rekayasa hasil dari penggabungan dua atau lebih bahan matrial, dimana bahan setiap material tersebut memiliki struktur kimia dan sifat fisiknya yang berbeda-beda. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dari penggabungan material Hidroksiapatit dari tulang sapi dan material silika sekam padi dengan variasi yang berbeda dan dipanaskan dengan menggunakan furnace dengan suhu 900℃. Dari pengujian tekan yang dilakukan didapatkan kekuatan tekan maksimal dengan nilai 4,497 MPa, dari hasil pengujian terlihat dimana silika tidak berpengaruh besar terhadap kekuatan dari komposit hidroksiapatit dan silika, tetapi silika hanya bisa digunakan sebagai perekat komposit.

Author Biographies

Riszan Vitosya , Universitas Bung Hatta

Teknik Mesin

Burmawi, Universitas Bung Hatta

teknik mesin

References

] Afifah, Fifi, and Sari Edi Cahyaningrum. 2020. “Sintesis Dan Karakterisasi Hidroksiapatit Dari Tulang Sapi (Bos Taurus) Menggunakan Teknik Kalsinasi.” UNESA Journal of Chemistry 9(3): 189–96.

Bariyah, Naim, Andries Pascawinata, and Firdaus Firdaus. 2019. “Gambaran Karakteristik Scaffold Hidroksiapatit Gigi Manusia Dengan Metode Planetary Ball Mill Menggunakan Uji Scanning Electron Microscope (Sem).” B-Dent, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah 3(2): 131–38.

Downloads

Published

2023-08-28