ANALISA SIFAT FISIK KOMPOSIT HIDROKSIAPATIT SILIKA PADA SINTERING TEMPERATUR 900°C

Authors

  • Akhri Can Universitas Bung hatta
  • Burmawi Universitas Bung hatta

Keywords:

Hidroksiapatit, Silika, Material Implan, Komposit

Abstract

Pembuatan komposit dari bahan hidroksiapatit dengan silika ini bertujuan untuk kandidat dari material implan tulang pada manusia, yang mengalami cedera, keretakan, bahkan pata pada tulang yang disebabkan karena mengalami benturan yang cukup kuat. Pada penelitian ini melakukan beberapa tahap, salah satunya tahap pemanasan bahan dengan temperatur 900°C yang bertujuan untuk meningkatkan daya rekat dari komposit Hidroksiapatit (HA) dengan Silika (Si). Penelitian ini melakukan 2 (dua) pengujian, yaitu uji densitas dan uji porositas yang dimana tujuan dari uji densitas untuk melihat massa jenis dari setiap komposisi dan pengujian porositas ialah untuk melihat pori-pori yang terjadi pada setiap bahan uji.

Author Biographies

Akhri Can, Universitas Bung hatta

Universitas Bung Hatta

Burmawi, Universitas Bung hatta

Universitas Bung Hatta

References

Eneng M., Sri C.K., Naili S., Dan Bayu P., 2018. “Penyiapan Komposit Hidroksiapatit - Zirkonia Sebagai Bahan Biokeramik”. Jurnal Keramik Dan Gelas Indonesia. Vol. 27 No.1.

Muhamad M, Muhammad A.M, Dan Dwi A.S, 2016. “Analisis Kekuatan Tarik Bahan Komposit Matriks Resin Berpenguat Serat Alam Dengan Berbagai Varian Tata Letak”. Jurnal Teknik Mesin. Tahun 24. No 2.

Annisa A, Hafizah I, Veny N, Rahadian Z. “Prinsip Dasar Milling Dalam Sintesis Material”.

Sanny A., Gunawarman, Jon, Dan Yuli, 2020. ”Karakteristik Permukaan Pelapisan Hidroksiapatit Pada Material Implan Ti-6al-4v Eli: Studi Literatur”. Prosiding Seminar Nasional Teknik Tahun 2020 (Senastika 2020) Universitas Islam Kalimantan Mab Isbn.

Tri C.W, Irza S, Dan Shirley S, 2019. ” Potensi Pengembangan Material Implan Tulang Hidroksiapatit Berbasis Bahan Alam Lokal”. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

Downloads

Published

2023-08-28