PERANCANGAN ALAT PENCETAK LONTONGAN KERUPUK MERAH KAPASITAS 600kg/JAM

Authors

  • Rivaldo Universitas Bung hatta
  • Wenny marthiana Universitas Bung hatta

Abstract

Pada dasarnya kerupuk merupakan makanan kecil yang mengalami pengembangan volume dan mempunyai densitas yang rendah selama peroses penggorengan. Untuk mecetak adonan kerupuk merah ini masih menggunakan cara tradisional yaitu menggunakan tangan, sehingga kajian ini memberikan perhatian pada perancangan pencetak lontongan kerupuk merah secara mekanik. Pada perancangan ini memiliki 6 buah screw yang terpasang di poros untuk mendorong adonan kecetakan, dengan putaran 1500 rpm memiliki speed reducer yang mereduksi putaran dengan rasio 1:30, maka mampu memproduksi lontongan kerupuk merah seberat 600kg/jam, Karena adanya alat pencetak lontongan kerupuk merah ini dapat meringankan kerja operator pada saat produksi dan alat ini dapat meningkatkan jumlah produksi sehingga pendapatan home industry meningkat.

Author Biographies

Rivaldo, Universitas Bung hatta

Universitas bung hatta

Wenny marthiana, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

References

Listijorini Erny, dkk. 2016. Perancangan Mesin Pembuat Pola Kerupuk dengan Kapasitas 1500 kerupuk Per 4 Jam. Cilegon: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Sukendar Aang, dkk. 2013. Pembuatan Sistem Otomasi untuk Pengaturan Mekanisme Kerja Mesin Cetak Kerupuk Menggunakan Mikrokontroler At Mega. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Alonso, Marcelo., Edward J. Finn. 1992. Dasar-dasar Fisika Universitas Edisi Kedua. Jakarta : Erlangga.

Winarno, F.G. 2004. Kimia Pangan dan Gizi Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Published

2023-08-28