PERANCANGAN SISTEM PENDETEKSI KEBAKARAN BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Authors

  • ridho famel Universitas Bung Hatta
  • Arnita Universitas Bung Hatta

Keywords:

internet of think

Abstract

Di Indonesia, hal yang selalu menjadi sorotan tiap tahunnya adalah terjadinya kebakaran. Kebakaran merupakan kejadian timbulnya api yang tidak diinginkan atau api yang tidak pada tempatnya, dimana kejadian tersebut terbentuk oleh tiga unsur yaitu unsur bahan bakar atau bahan mudah terbakar, oksigen dan sumber panas. Salah satu kasus kebakaran yang sering terjadi di daerah-daerah padat penduduk adalah kebakaran rumah atau gedung. Dimana terjadinya kebakaran pada umumnya akibat hubungan singkat arus listrik, kebocoran gas LPG atau kelalaian yang dilakukan manusia seperti lupa mematikan kompor, dan sebab lain yang dapat menimbulkan terjadinya kebakaran.

Author Biographies

ridho famel, Universitas Bung Hatta

Teknik Elekro

Arnita, Universitas Bung Hatta

Teknik Elektro

References

Kusuma, N. A. A. (2018). (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Basri, N. K. Y. (2019). Analisis Kesiapsiagaan Pengguna Pasar Tradisional Terhadap Ancaman Bencana Gempa Bumi Dan Kebakaran Di Pasar Beringharjo Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta).

Downloads

Published

2023-09-01