PENGEMBANGAN STRATEGI PENGELOLAAN WISATA KAMPUANG MINANG NAGARI SUMPUR DENGAN METODE ANALISIS SWOT (STRENGTHS, WEAKNESSES, OPPORTUNITIES, AND THREATS)

Authors

  • Dea Lara Putri Universitas Bung Hatta
  • M. Nursyaifi Yulius Universitas Bung Hatta

Keywords:

Pengelolaan Strategi, analisis SWOT, Relative Importance Index (RII)

Abstract

Kampuang Minang Nagari Sumpur terletak di Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Terdapat 3 buah rumah gadang yang dijadikan homestay, faktor penyebab seperti pengunjung yang datang ketempat ini hanya diberikan pelayanan untuk menikmati kehidupan dinagari tersebut, fasilitas yang tersedia masih sangat minim dan kurangnya pemeliharaan serta aksesbilitas ketempat tersebut masih sangat sulit dijangka. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi faktor internal dan eksternal. Pada pengelolaan wisata Kampuang Minang Nagari Sumpur. Setelah dilakukan kajian tentang internal dan eksternal dengan menggunakan analisis SWOT, diperoleh hasil kekuatan 23,2595 kelemahan 10,7115 dan peluang 21,715 serta ancaman 7,13613 diagram kartesius menunjukan posisi berada di kuadran I yaitu artinya objek wisata Kampuang Minang Nagari Sumpur berada pada posisi cukup aman, dengan berbagai peluang yang ada didalam objek wisata tersebut dinilai dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi ini yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan agresif (Growth oriented strategy).

References

David, Fred R. (2011). Strategic Management, Buku 1. Edisi 12. Jakarta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suwena, I.K. dan Widyatmaja, I.G.N. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan.

Rangkuti, Freddy. (2005). Analisis SWOT Teknik Pembeda Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sustiawan Frisky, Albert Eddy Husin. (2021). Analisa RII (Relative Importance Index) Terhadap Faktor-Faktor yang Berpengaruhdalam Mengimplementasikan BIM 4D dan M-PERT pada Pekerja Struktur Bangunan Hunian Bertingkat Tinggi. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Downloads

Published

2023-09-04