STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UMKM KANAGARIAN MANINJAU MENGGUNAKAN MATRIK IFAS DAN EFAS UNTUK MENYUKSESKAN PROGRAM KEMENPAREGRAF (Studi Kasus: Usaha Peyek dan Rakik Rinuak)

Authors

  • Lailatul Maghfirah Universitas Bung Hatta
  • Yesmizarti Muchtiar Universitas Bung Hatta

Keywords:

Business Model Canvas, Analisis SWOT dan Strategi.

Abstract

Sesuai dengan program kemenparegraf dalam mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan berkelanjutan, pemberdayaan UMKM, meningkatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi dalam upaya mengembangkan usaha dan mendorong UMKM naik kelas. UMKM Kanagarian Maninjau yang bergerak dibidang makanan/kuliner khas daerah pada keadaanya belum optimal perlu peningkatan agar mampu menjangkau pasar dari lokal menjadi regional. Pada penelitian ini digunakan metode Business Model Canvas (BMC) untuk melihat kondisi usaha sekarang dengan 9 elemen yaitu customer segments, value propositions, channels, customer relation, revenue streams, key resources, key activities, key partners, dan cost structure. Untuk mempertahankan usahanya dianalis juga dari aspek peluang dan ancaman serta kelemahan dan kekuatan yang dimiliki dengan analisis SWOT. Kemudian akan dihasilkan BMC perbaikan dari analisis SWOT untuk menemukan strategi bersaing dan melakukan pengembangan dalam usaha memperluas pemasaran, evaluasi dan perubahan atau penambahan terhadap model bisnis usaha sehingga tercipta model bisnis yang lebih lengkap

References

Rainaldo M., Wibawa, B.M., Rahmawati, Y. 2017. Analisis Business Model Canvas Pada Operator Jasa Online Ride-Sharing (Studi kasus Uber di Indonesia). Jurnal Sains dan Seni ITS, 6 (2): 235-239.

Rangkuti, Freddy. (2016). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis (Cetakan Keduapuluh Dua). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yohanes Prince R.P. Dosinaen, W. S. (2019). Usulan Strategi Pemasaran pada PT Gunung Amal Solution International Dengan Menggunakan Analisis Strength, Weakness, Opportunity Threath dan Matriks IFAS EFAS Tahun 2019. e-Proceeding of Applied Science, 5 (2).

Downloads

Published

2023-09-04