ANALISIS PENILAIAN RESIKO ERGONOMI MENGGUNAKAN METODE RAPID OFFICE STRAIN ASSESMENT (ROSA) PADA PEKERJA BALAI TEKNIK PERKERETAAPIAN KELAS II PADANG

Authors

  • Doni Pramono Warsito Universitas Bung Hatta
  • M. Nursyaifi Yulius Universitas Bung Hatta

Keywords:

Postur Kerja, Muskuloskeletal Disorders (MSDs), Rapid Office Strain Assesment (ROSA), Nordic Body Map (NBM).

Abstract

Dalam penelitian berbicara tentang mengevaluasi risiko kecelakaan dan kesehatan kerja yang terkait dengan musculoskeletal disorders terutama gerakan berulang dari anggota tubuh bagian atas dalam tugas pegawai perkantoran. Penelitian dilakukan di Balai Teknik Perkerataapian Kelas II Padang dengan tingkat kesibukan yang lumayan tinggi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan dan penyebaran kuisioner kepada pegawai yang bekerja di Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang selama tugas kerja dengan kriteria minimal bekerja selama 3 jam berturut-turut per hari dengan menggunakan komputer. Selain obeservasi lapangan dan penyebaran kuisioner penilaian juga dilakukan dengan menggunakan metoda Rapid Office Strain Assessment tool (ROSA) yaitu untuk menilai kegiatan kerja berulang pegawai selama bekerja. Usulan pencegahan resiko difokuskan pada resiko tinggi, risiko sedang dan resiko rendah.

References

Ardahan M, Simsek H. Analyzing musculoskeletal system discomforts and risk factors in computer-using office workers. Pak J Med Sci. 2016;32(6): 1425–9. https://doi.org/10.12669/pjms.326.11436.

Kroemer, K. H. E, H. B. Kroemer, dan K. E. 2001. Kroemer-Elbert. Ergonomics How to Design for Ease and Efficiency. Prentice Hall: New Jersey.

Mangkunegara, A. A. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.

Purbasari, Annisa, Maria Azista, Benedikta Anna H. Siboro, 2009, Analisis Postur Kerja Secara Ergonomi pada Operator Pencetakan Pilar yang Menimbulkan Risiko Muskuloskeletal, Sigma Teknika, Vol.2, No.2, pp. 143-150.

Sonne, M; Villalta, DL; dan Andrews, DM. (2012). “Development and evaluation of an office ergonomic risk checklist: ROSA--rapid office strain assessment”. Applied Ergonomics. Vol. 43, No.1, January 2012, pp. 98-108.

Downloads

Published

2023-09-04