PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LABORATORIUM PROGRAM STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KOMPUTER JARINGAN DENGAN METODE AGILE DEVELOPMENT MENGGUNAKAN CLOUD COMPUTING BERBASIS WEB

Authors

  • Dara Novtah Universitas Bung hatta
  • Riska Amelia Universitas Bung hatta
  • Arnita Universitas Bung hatta
  • Mirza Joni Universitas Bung hatta

Abstract

Digitalisasi merupakan periode dimana teknologi digital memegang peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu keuntungan digitalisasi adalah adanya layanan cloud. Pada bidang akademik Kemudahan yang diperoleh yaitu pemberian informasi, data peserta didik, pengolahan nilai dan berbagai pelaporan akademik. Pada moment tertentu penyimpanan data dilakukan dengan menyimpan berupa hard copy yang memiliki kendala berupa recovery data, pencarian data secara manual yang memakan waktu serta pemborosan kertas. Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan membutuhkan sistem informasi yang baik, khususnya Laboratorium sebagai wadah dalam kegiatan akademik mahasiswa. Dengan Perancangan Sistem Informasi Laboratorium Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan menggunakan Metode Agile dengan Cloud Computing berbasis Web, dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan laboratorium serta memberikan kemudahan akses bagi pengguna terutama untuk memudahkan mahasiswa dan dosen dalam mengelola laporan laboratorium, meningkatkan efisiensi dalam pencarian data

Author Biographies

Dara Novtah, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

Riska Amelia, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

Arnita, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

Mirza Joni, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

References

N. D. Arizona, Y. Yulia, dan O. Jaka, “Penerapan Metode ASD (Adaptive Software Development) Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akuntansi Kas Masuk Dan Kas Keluar Pada CV.Bela Usaha,” J. Sist. Inf. Akunt., vol. 3, no. 1, hal. 12–21, 2022, doi: 10.31294/justian.v3i1.1149.

Riana, “Implementasi Cloud Computing Technology dan Dampaknya Terhadap Kelangsungan Bisnis Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Agile dan Studi Literatur,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 7, no. 3, hal. 439, 2020, doi: 10.30865/jurikom.v7i3.2192.

I. N. ’Abidah, M. A. Hamdani, dan Y. Amrozi, “Implementasi Sistem Basis Data Cloud Computing pada Sektor Pendidikan,” KELUWIH J. Sains dan Teknol., vol. 1, no. 2, hal. 77–84, 2020, doi: 10.24123/saintek.v1i2.2868.

Sugeng Murdowo dan Kristiawan Nugroho,“Rancang Bangun Sistem Sigital Cloud Arsip Proposal dan Tugas Akhir Mahasiswa Dengan Metode Adaptive Software Development,” Infokam, hal. 103–109, 2018.

Downloads

Published

2023-09-03