PERANCANGAN ALAT PENENTU KEMATANGAN BUAH KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY BERBASIS INTERNET OF THINGS

Authors

  • Putri Ramadina Universitas Bung hatta
  • Arnita Universitas Bung hatta
  • Hidayat Universitas Bung hatta
  • Riska Amelia Universitas Bung hatta

Abstract

Kelapa sawit merupakan tumbuhan penghasil minyak nabati yang paling banyak dibudidayakan saat ini. Banyak manfaat yang dapat dipetik dari buah kelapa sawit. Dalam proses budidayanya tentu ditemukan masalah-masalah, salah satu masalah yang sering dihadapi adalah bagaimana mengidentifikasi kematangan buah kelapa sawit bagi orang awam agar dapat diketahui dengan mudah tanpa melalui seorang ahli. Untuk itulah tujuan penulisan dan penelitian ini menemukan solusi agar tingkat kematangan buah kelapa sawit dapat diketahui dengan mudah yaitu membuat sebuah alat bantu elektronik yang bekerja secara otomatis dan dimonitoring jarak jauh menggunakan jaringan, Sensor TCS 3200 yang memiliki kemampuan mendeteksi warna dengan baik sehingga dapat mengenal dan mengidentifikasi warna buah untuk mengetahui tingkat kematangan buah kelapa sawit berdasarkan warnanya. Pada kontroler arduino mega digunakan untuk membaca sensor, mengkalibrasi data RGB dan mengidentifikasi kematangan sesuai warnanya. Output kemudian ditampilkan pada LCD dan dikirim pada petani sawit melalui software bylink. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pengusaha kelapa sawit dalam mendeteksi kematangan kelapa sawit. Tidak terlepas dari peran teknologi Internet of Things (IoT) yang merupakan sarana dalam melakukan permasalahan dalam penelitian bidang kesehatan, pertanian dan pendidikan dengan sistem jaringan yang sudah ada

Author Biographies

Putri Ramadina, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

Arnita, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

Hidayat, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

Riska Amelia, Universitas Bung hatta

Universitas Bung hatta

References

R. D. Ramadlan, M. T. Alawiy, and O. Melfazen, “Sistem Pendeteksi Kualitas Buah Naga Berbasis Iot (Internet of Things),” Sci. Electro, 2022, [Online]. Available: http://riset.unisma.ac.id/index.php/jte/article/view/14774%0Ahttp://riset.unisma.ac.id/index.php/jte/article/viewFile/14774/11240

T. D. Hendrawati, Y. D. Wicaksono, and E. Andika, “Internet of Things: Sistem Kontrol-Monitoring Daya Perangkat Elektronika,” JTERA (Jurnal Teknol. Rekayasa), vol. 3, no. 2, p. 177, 2018, doi: 10.31544/jtera.v3.i2.2018.177-184.

S. Samsugi, Ardiansyah, and D. Kastutara, “INTERNET OF THINGS (IOT): Sistem Kendali Jarak Jauh Berbasis Arduino Dan Modul Wifi Esp8266,” Pros. Semin. Nas. ReTII, pp. 295–303, 2018.

R. T. Wahyuni, Muhammad Hafiz, and Elva Susianti, “Sistem pengumpul data parameter kondisi pohon sawit berbasis internet of thing (iot),” J. CoSciTech (Computer Sci. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 56–63, 2023, doi: 10.37859/coscitech.v4i1.4453.

Downloads

Published

2023-09-03