PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN BERDASARKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI UMKM KERIPIK BALADO CAHAYA

Authors

  • Rifaldi Universitas Bung Hatta
  • Ayu Bidiawati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Daya saing, Quality Function Deployment (QFD), Desain kemasan

Abstract

Keripik Balado Cahaya merupakan makanan yang diproduksi di Kota Padang. Salah satu UMKM yang memproduksi keripik Balado adalah UMKM “Keripik Balado Cahaya. Produk keripik Balado tersebut menggunakan kemasan plastik biasa dan kemasan luarnya menggunakan plastik dengan desain sederhana yang membuat tampilan keripik Balado Cahaya menjadi kurang menarik sehingga keripik menjadi melempem. Jika dibiarkan akan membuat daya beli pelanggan berkurang bila dibandingkan dengan produk yang lain dengan kemasan yang menarik. Penelitian dilakukan dengan mengembangkan desain kemasan untuk meningkatkan daya saing. Pada penelitian ini keinginan dan kepuasan konsumen menajdi hal penting dalam mendesain kemasan. Digunakan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk dapat mengetahui keinginan konsumen dan mendesain kemasan mulai dari tahapan perencanaan desain, perencanaan spesifikasi komponen, perencanaan proses, perencanaan produksi. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan brainstorming. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan diperoleh desain kemasan keripik Balado Cahaya yang baru serta tahapam yang dilalui dalam mendesain kemasan keripik Balado Cahaya. Dari proses tersebut diperoleh desain yang diinginkan konsumen dengan memperhatikan kriteria yaitu pengunaan kemasan food grade dengan bahan polypropolyene bentuk stading poch jenis aluminium poil dilengkapi dengan zipper lock, menampilkan gambaran objek rumah adat minang kabau, menampilkan informasi produk seperti informasi gizi, izin, informasi produsen, komposisi bahan baku, tanggal kadaluarsa, logo halal, menambahkan logo dan brand produk.

References

Basu Swastha, 1999 Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Ketiga Yogyakarta, Liberty.

Cohen, Louis, 1995, Quality Function Deployment: How to Make QFD Work For You, Addison-Wesley Publishing Company.

Kotler, Philip Gary Armstrong, (2008) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Philip Kotler, 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi sebelas. Jakarta : PT. Indeks.

Downloads

Published

2023-09-04