PENERAPAN METODE VALUE STREAM MAPPING UNTUK MEMINIMASI WASTE

Authors

  • Indah Universitas Bung Hatta
  • Yesmizarti Muchtiar Universitas Bung Hatta

Keywords:

Value stream mapping, Minimasi pemborosan, Tree diagram

Abstract

CV. Kaca dan Alumunium Singgalang Baru adalah sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi etalase. Pada proses produksi di perusahaan ditemukan pemborosan pada waktu produksi akibat adanya aktivitas yang tidak mempunyai nilai tambah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pemborosan, mencari penyebab masalah dan memberikan usulan perbaikan. Proses identifikasi pemborosan menggunakan metode value stream mapping untuk memetakan kondisi sekarang. Berdasarkam hasil identifikasi waste dengan metode value stream mapping didapatlah waste proses yang berlebih dan gerakan yang terjadi pada proses perakitan. Untuk mengidentifikasi penyebab masalah pemborosan menggunakan tree diagram dan didapatkan penyebabnya adalah operator bekerja sendirian dengan beban yang berat, mata bor cacat/patah, perakitan kerangka yang lama, area produksi tidak tertata dengan baik, poor layout. Usulan perbaikan untuk mengurangi pemborosan pada proses produksi etalase adalah penambahan operator/pekerja, melakukan pengecekan terhadap mesin sebelum memulai pekerjaan, memberikan pelatihan terhadap operator, meningkatkan penerapan 5S dan meninjau tata letak perusahaan

References

Aziza, N., dan Setiaji, F. B. (2020). Pengendalian Kualitas Produk Mebel Dengan Pendekatan Metode New Seven Tools. Teknika : Engineering And Sains Journal, 4 (1), 27–34.

Gasperz, Vincent (2007). Lean Six Sigma For Manufacturing And Service Industries. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Verani, R. O. (2021). Analisis Pendekatan Konsep Lean Manufacturing Untuk Meminimasi Waste Yang Terjadi Pada Proses Produksi Perspektif Ekonomi Islam.

Downloads

Published

2023-09-04