PENENTUAN JUMLAH FASILITAS TEMPAT DUDUK DI RUANG TUNGGU KLINIK XYZ

Authors

  • Septian Najwan Ihsan Universitas Bung Hatta
  • Dessi Mufti Universitas Bung Hatta

Keywords:

Tata Letak, Antopometri, Fasilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah fasilitas tempat tunggu yang diperlukan berdasarkan kedatangan pasien, serta melakukan perbaikan terhadap tata letak fasilitas dan pemanfaatan ruangan. Selain itu fasilitas ruangan yang ada pada klinik juga tidak memenuhi standar minimum yang ditetapkan oleh permenkes, seperti tidak adanya ruangan rekam medik yang representatif, ruang tunggu, ruang konsultasi dan pengaturan fasilitas yang kurang tertata dengan baik. Dari data antropometri lebar panggul standar indonesia 32,32 (Data antropomerti indonesia), untuk memenuhi kedatangan rata-rata pasien pada ruang tunggu diperlukan ruangan berukuran 4 m x 6 m, dan kebutuhan bangku yang diperlukan 8 bangku pada ruang tunggu, sehingga perlu penambahan 4 bangku dari kondisi awal. Setelah berfokus pada ruang klinik dan kebutuhan fasilitas berdasarkan permenkes, maka proses perancangan ulang pada tata letak fasilitas dilakukan relayout untuk memanfaatkan ruangan dan memenuhi persyaratan minimum dari Pemenkes

References

PERMENKES NO028/MENKES/PER/I/2011 Tentang klinik sakit umum Muslimat Ponorogo. Jurna Online Cakra Buana.

PERMENKES NO014/MENKES/PER/I/2011 Standar Kegiatan Usaha dan Produk Pada Penyelengaraan Perizinan berusaha Berbasis Resiko Sektor Kesehatan.

Permenkes No.269/MENKES/PER/III tahun 2008 Departemen Kesehatan Republik Indonesia.Dirjen Bina Pelayanan Medik (2006) Pedoman penyelenggaraan dan prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia Revisi II Jakarta.

Wignjosoebroto., Sritomo.,2000., Prinsip-Prinsip Perancangan Berbasiskan Dimensi Tubuh (Antropometri) dan Perancangan Stasiun Kerja. ITS: Surabaya.

Downloads

Published

2023-09-04