ANALISA KEKUATAN TEKAN BIOKOMPOSIT HIDROKSIAPATIT TULANG SAPI DENGAN BOROSILIKAT PADA TEMPERATUR SINTERING 900ºC SEBAGAI KANDIDAT PENGGANTI MATERIAL IMPLAN

Authors

  • Alpi Rialdi teknik mesin Universitas Bung Hatta
  • Burmawi teknik mesin Universitas Bung Hatta

Abstract

Tulang pada tubuh manusia mudah terjadi patah. Penyebabnya ada beberapa macam yaitu ada karena musibah alam, kecelakaan berkendara, keceakaan kerja, olahraga dan lain-lain. Untuk itu perlu dicarikan jalan keluar dari kebutuhan material yang mampu menggantikan fungsi dan kegunaan dari tulang. Kerusakan tulang disebabkan oleh patah tulang sering terjadi akibat bencana alam, kecelakaan lalu lintas, perkelahian, kecelakaan olahraga dan insiden lainnya. Sehingga perlu dikembangkan material baru sebagai bahan untuk implan tulang yang aman dan mudah untuk ditemukan. Sebagai baku untuk implan tulang bisa digunakan dari material komposit, material komposit merupakan salah satu bahan baru hasil rekayasa hasil penggabungan dua atau lebih bahan material, dimana bahan setiap material tersebut memiliki struktur kimia dan sifat fisiknya yang berbeda-beda. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dari penggabungan material Hidroksiapatit dari tulang sapi dan borosilikat dengan variasi komposisi yang berbeda, dan dipanaskan dengan menggunakan furnace pada suhu 900ºC. Dari pengujian tekan yang dilakukan didapatkan kekuatan tekan maksimal dengan nilai 6,5 MPa, dari hasil pengujian terlihat dimana Pada pembentukan komposit Hidroksiapatit dengan borosilikat ini terjadi ikatan mekanik antara Hidroksiapatit dan borosilikat, Hidroksiapatit dan borosilikat akan saling mengikat dalam jumlah komposisi Hidroksiapatit lebih banyak dibandingkan dengan borosilikat. Dalam hal ini Hidroksiapatit bisa berfungsi sebagai pengikat dan borosilikat sebagai penguat.

Author Biographies

Alpi Rialdi, teknik mesin Universitas Bung Hatta

teknik mesin Universitas Bung Hatta

Burmawi, teknik mesin Universitas Bung Hatta

teknik mesin Universitas Bung Hatta

References

Afifah, F., & Cahyaningrum, S. E. (2020). Sintesis Dan Karakterisasi Hidroksiapatit Dari Tulang Sapi (Bos Taurus) Menggunakan Teknik Kalsinasi Synthesis And Characterization Of Hydroxyapatite From Cow Bones (Bos Taurus) Using Calcination Techniques. UNESA Journal of Chemistry, 9(3), 189–196.

Afdal, A., Affi, J., & Gunawarman, G. Penambahan Serbuk Olahan Dari Gigi Sapi Terhadap Sifat Mekanik Dan Fisik Model Gigi Tiruan. Jurnal Mekanikal, 7(1)

Antonius, dkk, (2017). Efektivitas Pasir Kuarsa Sebagai Agregat Halus pada sifat Mekanik Beton, Prosiding Seminar Nasional, Kebijakan dan Strategi Dalam Pembanguan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Berbasis Green Technology.

Ahmad Taufik, Arif Zuhan, Sigit Kusdaryono, Rohadi, 2017. Karakteristik Hidrosiapatit Alami yang dibuat dari Tulang Sapi Dan Cangkang Telur Sebagai Bahan Untuk Donor Tulang(Bone Graft).

Burmawi, Novesar Jamarun, Syukri Arief And Gunawarman. Characterization of hydroxyapatite from Bovine Bone by Mechanical Combination Method, International Journal of Engineering and Techniques – Volume 4 Issue 1, Jan-Feb 2018.

Fadhilah, Nurul, and Zulkarnain Jalil. 2016. “Sintesis Hidroksiapatit Yang Berasal Dari Tulang Sapi Aceh Synthesis of Natural Hydroxyapatite f Rom Aceh ’ s Bovine Bone.” 5(2): 19–21.

Ferry Arifiadi, Kristanto Wahyudi, Ria Julyana Manullang, Nurhidayati, Hasna Rofifah Novianti. 2021. “Sintesis Dan Karakterisasi Hidroksiapatit-Gib

Downloads

Published

2024-03-25