ANALISIS SIFAT TERMAL DENGAN GAYA TEKAN PADA PEMBENTUKAN BRIKET BERBAHAN CAMPURAN ABU BATUBARA DAN SERBUK KAYU

Authors

  • Ashabal Arif teknik mesin Universitas Bung Hatta
  • Wenny Marthiana teknik mesin Universitas Bung Hatta

Abstract

Gaya tekan dan komposisi briket merupakan salah satu penyebab baik dan buruknya kualitas briket yang dihasilkan terutama dalam pembuatan briket berbahan campuran serbuk kayu dan abu batubara. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis nilai kalor, kadar air, kadar abu, kadar zat terbang dan waktu penyalaan pada pembentukan briket berbahan campuran serbuk kayu dan abu batubara dengan gaya tekan divariasikan. Metode penelitian menggunakan variasi gaya tekan 400 kg, 600 kg, dan 800 kg. Untuk komposisi abu batubara pada bahan briket dibuat dalam variasi 0 %, 5 % dan 10 %. Perekat yang digunakan adalah tepung tapioka.

References

A. Triantoro, A. Mustofa, and A. W. Saputri, ‘Studi Pemanfaatan Campuran Bottom Ash Batubara Dengan Serbuk Kayu Dan Arang Tempurung Kelapa Sebagai Biobriket Ditinjau Dari Parameter Kualitas’, Jurnal Geosapta, vol. 7, no. 1, p. 65, 2021.

N. H. Haryanti, H. Wardhana, and Suryajaya, ‘Pengaruh Tekanan Pada Briket Arang Alaban Ukuran Partikel Kecil’, Risalah Fisika, vol. 4, no. 1, pp. 19–26, Jul. 2020.

Downloads

Published

2024-03-25