ANALISIS PENGARUH GEOMETRI DAN SUDUT SUDU TERHADAP PERFORMANCE TURBIN AIR MIKROHYDRO TYPE ULIR

Authors

  • Gustra Rangga teknik mesin Universitas Bung Hatta
  • Suryadimal teknik mesin Universitas Bung Hatta

Abstract

Indonesia sebagai negara agraris mengandalkan fluid air sebagai salah satu sumber energi terbarukan (green energy). Pemanfaatan ini menggunakan turbin archimedes. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh geometri dan sudut sudu terhadap performance turbin air mikrohydro type ulir. Variasi sudut sudu pada penelitian terdiri dari 15°, 25° dan 35°. Hasil penelitian menunjukkan performance turbin dipengaruhi oleh sudut sudu, debit aliran, head dan putaran poros. Daya hidrolis dan daya listrik berbanding lurus dengan kenaikan sudut sudu di mana nilai terbaik dihasilkan oleh sudut 15° serta nilai efisiensi berbanding lurus dengan daya yang dihasilkan seiring kenaikan sudut sudu

References

Cahyono, G.R., dkk. (2022). “Pengaruh Sudut Kemiringan Terhadap Putaran dan Daya Hidrolis pada Turbin Archimedes Screw Portable”. Jurnal Rekayasa . Vol. 13 No. (1)

Saputra, I.W.B., Weking, A.I dan Jasa, L. (2017). “Rancang Bangun Pemodelan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Menggunakan Kincir Overshot Wheel”. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro. Vol. 16, No. (2)

Downloads

Published

2024-03-25