KAJI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK KOROSI PADUAN TEMBAGA–SENG DI LINGKUNGAN AIR LAUT
Abstract
Indonesia, sebagai negara kepulauan, sangat bergantung pada transportasi laut dengan kapal sebagai sarana utamanya. Baling-baling kapal yang terendam di air laut rentan terhadap korosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur laju korosi paduan tembaga-seng (Cu-Zn) atau kuningan yang digunakan pada baling-baling kapal melalui metode perendaman dalam air laut dari kawasan pelabuhan Teluk Bayur Padang. Pengujian dilakukan pada interval waktu mulai dari 240 jam hingga 2400 jam. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada waktu 240 jam terjadi pitting corrosion, sedangkan pada waktu yang lebih lama ditemukan fenomena dealloying, uniform corrosion, selective corrosion, dan galvanic corrosion. Meskipun terjadi penurunan berat material, kuningan menunjukkan ketahanan yang relatif baik terhadap korosi.Downloads
Published
2025-03-26
Issue
Section
Articles