EVALUASI PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP MEKANISME KINERJA KONDUKTOR AC3 DAN ACSR PADA SUTT 150 kV (APLIKASI GARDU INDUK GARUDA SAKTI KE BALAI PUNGUT UPT PEKANBARU)

Authors

  • A. Husni Mutaqin Bung Hatta University
  • Yani Ridal Universitas Bung Hatta
  • Arzul . Universitas Bung Hatta

Abstract

Krisis energi merupakan permasalahan yang terjadi di negara kita ini salah satunya krisis energi listrik. Pemecahan masalah dari krisis energi listrik dengan mengoptimalkan penyalurannya menggunakan konduktor ACCC (Aluminium Conductor Composite Core). Konduktor ACCC merupakan konduktor konsentris dengan satu atau lebih lapisan berbentuk
keras. Dimana konduktor ACCC dirancang untuk beroperasi secara terus menerus pada temperatur tinggi dan memiliki karakteristik yang sangat baik melalui luar rentang operasi.
Konduktor jenis ini menggunakan core dengan teknologi serat karbon untuk mencegah andongan yang lebih besar dan full aluminium annealed sebagai lapisan luar sehingga konduktor ini dapat dioperasikan pada temperatur yang lebih tinggi. Berdasarkan perhitungan telah terbukti bahwa konduktor ACCC dengan panjang gawang 350 m andongan dan tegangan tariknya lebih baik dari pada konduktor ACSR dimana selisih andongannya 0,8603 m, dan untuk tegangan tariknya lebih besar ACCC 225,2861 kg. Disamping itu konduktor ACCC memiliki rugi-rugi energi dan drop tegangan yang jauh lebih kecil dari pada konduktor ACSR, dimana selisihnya 2102232,366 kWh dan drop tegangannya 4079,521 V. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konduktor ACCC sangat cocok untuk digunakan disetiap saluran udara didaerah yang memiliki objek-objek vital . Hal ini akan sangat membantu dalam efisiensi energy di negara kita yang masih dalam tahap berkembang ini.

Author Biography

A. Husni Mutaqin, Bung Hatta University

Faculty of Industry Technology and Industrial Engineering

Downloads

Published

2015-02-16