EVALUASI PEMASANGAN KAPASITOR BANK 150KV TERHADAP ALIRAN DAYA GI LINGGAU-BANGKO PADA SISTEM TRANSMISI SUMBAGSELTENG BERBASIS PSS/E ( POWER SYSTEM SIMULATOR FOR ENGINEERING )

Authors

  • M. Alfin Syukri Bung Hatta University
  • Cahayahati . Universitas Bung Hatta
  • Mirzazoni . Universitas Bung Hatta

Abstract

Dalam Sistem Tenaga Listrik Sumatera terdiri dari tiga buah subsistem, yaitu Sumatera Bagian Utara (SBU), Sumatera Bagian Tengah (SBT), dan Sumatera Bagian Selatan (SBS). Untuk saat ini sistem yang sudah terinterkoneksi baru pada Sumatera Bagian Tengah dengan Sumatera Bagian Selatan, yang biasa disebut sebagai sistem Sumbagselteng. Sistem Sumatera Bagian Tengah meliputi wilayah Sumatera Barat, Riau dan Jambi, sedangkan Sistem Sumatera Bagian Selatan meliputi wilayah Sumatera Selatan, Bengkulu dan Lampung. Kedua subsistem tersebut terinterkoneksi pada GI Bangko dan Linggau. Setiap tahun kebutuhan akan energi listrik terus meningkat di sistem Sumbagselteng. Pertumbuhan beban pada
Subsistem Sumatera Bagian Tengah tidak sebanding dengan jumlah pembangkitan yang ada. Oleh karena itu perlu ada transfer daya dari subsistem Sumatera Bagian Selatan ke subsistem Sumatera Bagian Tengah. Dikarenakan type penghantar pada GI Bangko dan Linggau merupakan untuk tegangan 275 kV, sedangkan masih dioperasikan 150 kV, maka kemampuan penghantar tersebut belum optimal.Untuk memaksimalkan transfer daya dan memperbaiki kualitas tegangan perlu adanya kapasitor bank. Dengan adanya kapasitor bank pada sistem Sumbagselteng perlu dievaluasi seberapa besar pengaruhnya terhadap kestabilan transfer daya dan tegangan pada titik transfer sistem Sumetera Bagian Tengah dengan Sumatera Bagian Selatan.

Author Biography

M. Alfin Syukri, Bung Hatta University

Faculty of Industry Technology and Industrial Engineering

Downloads

Published

2015-02-18