PERANCANGAN PICO HYDRO PORTABLE TYPE KINCIR AIR SEBAGAI PEMBANGKIT ENERGI LISTRIK

Authors

  • Yogi Setiadi
  • Eddy Soesilo
  • Edi Septe

Abstract

Picohydro adalah jenis pembangkit listrik tenaga dengan kapasitas kecil, sangat banyak sumber-sumber potensi air yang dapat dimanfaatkan untuk Picohydro Portable. Hal ini selara dengan intruksi Bapak Presiden dan Gubernur untuk mencari sumber daya listrik sebagai upaya untuk menaikan elektrifikasi di Sumatera Barat. Sumber air yang ada di Sumatera Barat, ada dalam skala kecil dan kincir dapat dirancang untuk saluran irigasi dan aliran sungai kecil. Elektrifikasi 100% bahwa saluran irigasi ini tidak dimanfaatkan, hal ini  disebabkan tidak adanya upaya masyarakat atau pemerintah untuk membuatnya. Untuk itu perlu dibuat suatu pembangkit listrik tenaga air dengan kapasitas kecil, pengoperasian terdiri dari dari sebuah kincir kecil yang dirancang sedemikian rupa agar ringan dan mudah untuk dibawa – bawa sebagai pembangkit listrik, digunakan motor listrik dengan diubah fungsi menjadi generator agar tegangan yang dihasilkan oleh generator dapat konstan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang pembangkit listrik tenaga picohydro dengan memanfaatkan aliran air yang berkecepatan rendah. Metode dari penelitian ini menentukan jenis sumber air yang dimanfaatkan dalam memilih aliran irigasi atau sungi-sungai kecil, mengukur debit air untuk mendapatkan daya, menentukan jenis dan bahan untuk kincir air portable, merancang kontruksi berupa (rangka luar, rangka dalam, dudukan sudu, tapak poros), menentukan jenis atau kapasitas motor yang akan digunakan sebagai generator, membuat kontruksi dan membuat bagian kincir air (assembling), melakukan pengujian dilabor dan dilapangan. Dari hasil yang dilakukan didapatkan besaran energi air yang diuji dari lapangan sebesar 2 m/s maka daya terbangkit yaitu sebesar 2200 watt dengan tegangan 220 volt. Dan ELC (Electrical Load Controller) ini yang dapat mengatur tegangan yang berlebih, yang dihasilkan oleh pembangkit pico hydro ini.

Kata kunci : Picohydro, ELC

References

Aryo Hendrato P, Jatmiko, Hasyim Asy’ari. 2012. “Pemanfaatan Pemandian Umum Untuk Pembangkit Tenaga Listrik Mikrohidro (PLTMH) Menggunakan Kincir Tipe Overshot”. Universitas Muhammadiyah Surakatra.

Edryan setyo, Mochammad Rif’an S.T, M.T, Ir. Teguh Utomo, M.T. 2012. “Perancangan Electronic Load Controller (ELC) sebagai Pengstabil Frekuensi Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro”.Universitas Brawijaya. Malang.

Nursun Hardi Kresna. 2007. “Model Perhitungan Pengaruh Kapasitor Terhadap Kinerja Motor Induksi”. Universitas Bung Hatta. Padang.

S. Warsito, Abdul Syakur, Agus Adhi Nugroho. 2005. “Studi Awal Perencanaan Sistem Mekanikal dan Kelistrikan Pembangkit Listrik Tenaga Mini – Hydro”. Universitas Islam Sultam Agung. Semarang.

Machmud Effendy. 2009. “Rancang Bangun Motor Induksi Sebagai Generator (MISG) Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro”. Universitas Muhammadiyah Malang. Jawa Timur.Muklis. 2008. Implementasi Sistem Pentanahan Grid (Aplikasi Pada Kampus III UBH). Padang. Universitas Bung Hatta.

Sularso, Kiyokatsu siga. 2004. “Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin”. PT. Pradnya Paramitha. Jakarta.

Dika Zulfikar, Hari Siswoyo S.T, M.T, Ir. Teguh Utomo, M.T. 2012. “Perancangan PLTMH Tipe Kincir Air Di Kecamatan Pasujambe Kabupaten Lumajang”. Universitas Brawijaya. Malang.

Riza Widia, Dasrul Yunus, Staf Pengajar Teknik Elektro. 2012.“Simulasi Arus Beban PLTMH Menggunakan Pengatur Beban Elektonik (ELC) Fasa Satu”. Politeknik Negeri Padang. Padang.

Downloads

Published

2015-02-18