ANALISA SIFAT MEKANIK PERMUKAAN BAJA ST 37 DENGAN PROSES PACK CARBURIZING, MENGGUNAKAN ARANG KELAPA SAWIT SEBAGAI MEDIA KARBON PADAT

Authors

  • Julisman Julisman .julisman teknik mesin univteknik mesin univ bung hatta bung hatta
  • Kaidir kaidir Kaidir teknik mesin univ bung hatta
  • Rizky Arman Arman teknik mesin univ bung hatta

Abstract

Baja merupakan logam yang banyak digunakan dalam dunia industri karena beberapa kelebihan sifatnya seperti tahan aus, keuletan dan ketanguhan. Untuk peningkatan atau perubahan sifat mekanis biasanya dilakukan penambahan unsur lain seperti karbon dengan perlakuan panas. Penelitian ini membandingkan sifat impact dan gaya tekan baja ST 37 akibat perlakuan pack carburizing dengan material arang cangkang kelapa sawit. Pemanasan pada proses pack carburizing menggunakan temperatur 600, 650 dan 700°C dengan holding time selama 3 jam. Proses pendinginan dilakukan dengan metode normalizing. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan arang cangkang kelapa sawit, harga impact maximum 2,874 J/mm2 terjadi pada temperatur pemanasan 650°C dan gaya tekan maximum 34.525,4 N terjadi pada temperatur 700°C, namun pada harga impact minimum 1,933 J/mm2 terjadi pada tempratur 700°C, dan gaya tekan minimum 2.631,9 N terjadi pada temperatur 650°C , penambahan sumber karbon padat dari arang cangkang kelapa sawit  terhadap sifat impact dan gaya tekan  baja ST 37 terjadi pada temperatur pemanasan 700°C.

Kata kunci : Baja ST 37, pack carburizing, normalizing, impact, gaya tekan

Author Biographies

Julisman Julisman .julisman, teknik mesin univteknik mesin univ bung hatta bung hatta

teknik mesin univ bung hatta

Kaidir kaidir Kaidir, teknik mesin univ bung hatta

teknik mesin univ bung hatta

Rizky Arman Arman, teknik mesin univ bung hatta

teknik mesin univ bung hatta

Downloads

Published

2015-12-28