PENGENDALIAN KOROSI DENGAN MENGGUNAKAN ARUS TANDINGAN
Abstract
Pelat lambung kapal adalah bagian konstruksi yang pertama kali terkena korosi air laut. Korosi pada pelat lambung kapal mengakibatkan turunnya kekuatan dan umur pakai kapal, sehingga dapat mengurangi jaminan keselamatan muatan barang dan penumpang kapal. Untuk menghindari kerugian yang lebih besar akibat korosi air laut maka diperlukan suatu perlindungan korosi pada pelat lambung kapal. Sampai saat ini salah satu cara untuk melindungi pelat lambung kapal dari serangan korosi adalah dengan metoda proteksi katodik. Metoda proteksi katodik yang sering dipakai adalah sistem arus tanding. Jenis anoda arus tanding yang digunakan dalam penelitian ini adalah aluminium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan arus tanding dengan mengunakan aluminium sebagai anodanya. Proses pengendalian dengan arus tanding ini dapat memperlambat laju korosi pelat lambung kapal di dalam media air laut. Hasil pengujian korosi di laboratorium dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan alumunium sebagai anoda yang dipasang pada pelat baja ASTM A 36 ternyata sangat baik digunakan pada pengujian arus tandingan ini. Dengan pengujian ini, plat baja lebih lama terlindungi dari serangan korosi. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa dengan arus tandingan ini dapat memperlambat serangan korosi terhadap baja. Aluminium memiliki kinerja yang optimal, dalam arti dapat memperlambat laju korosi pelat baja sehingga benar-benar dapat berfungsi sebagai anoda.
Â
Kata kunci : Pelat baja kapal, Pengendalian korosi dengan arus tandingan, Laju korosi