PENGENDALIAN KOROSI PADA RANGKA BAJA H BEAM DENGAN MENGGUNAKAN ANODA TUMBAL

Authors

  • Novriwal Mukhlis .Mukhlis Teknik Mesin Univ Bung Hatta
  • Edi Septe Septe Teknik Mesin Univ Bung Hatta
  • Rizky Arman Arman Teknik Mesin Univ Bung Hatta

Abstract

Penelitian tentang pengendalian laju korosi pada baja H Beam dengan menggunakan anoda tumbal dalam medium asam sulfat dan air hujan telah dilakukan. metode yang digunakan adalah metode proteksi dan non proteksi untuk melihat perlindungan baja H Beam dari serangan korosi, dan metode kehilangan berat untuk melihat nilai laju korosinya. medium korosif yang digunakan adalah 100 ml air hujan+ 10 ml, 20 ml, dan 30 ml H2SO4 dengan variasi waktu yang digunakan adalah 8 jam, 16 jam, dan 24 jam. untuk perubahan selisih berat yang diproteksi adalah 0,8339 gr dan untuk yang tidak diproteksi 1,1435 gr dalam waktu 8 jam, perubahan selisih berat yang tertinggi terjadi pada waktu 24 jam dengan selisih berat untuk yang diproteksi 1,2478 dan yang tidak diproteksi adalah 4,7314 gr. semakin banyak konsentrasi larutan H2SO4 maka laju korosi baja semakin tinggi dan semakin lama waktu pencelupan maka semakin banyak berat benda uji berkurang, ini dikarenakan terjadinya korosi dalam waktu yang lama.

Kata kunci : laju korosi, proteksi katodik, medium korosif

Author Biographies

Novriwal Mukhlis .Mukhlis, Teknik Mesin Univ Bung Hatta

Teknik Mesin Univ Bung Hatta

Edi Septe Septe, Teknik Mesin Univ Bung Hatta

Teknik Mesin Univ Bung Hatta

Rizky Arman Arman, Teknik Mesin Univ Bung Hatta

Teknik Mesin Univ Bung Hatta

Downloads

Published

2015-12-28