KAJIAN EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA MOTOR BAKAR BENSIN BERBAHAN BAKAR PERTALITE DENGAN CAMPURAN KAPUR BARUS
Abstract
Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis daya efektif poros (Ne), torsi (T) dan pemakaian bahan bakar spesifik efektif (Be), yang menggunakan bahan bakar Pertalite, Pertalit + 2,5 gr Naphthalene, Pertalite + 5 gr Naphthalene. Bahan yang digunakan untuk pengujian ini adalah mobil Toyota Kijang 5K 1500 cc. Hasil analisis pengujian yang menggunakan bahan bakar Pertalite diperoleh daya efektif poros (Ne) maksimum 0,287 KW pada putaran 1000 rpm dengan beban 3 kg dan 0,576 KW dengan putaran yang sama. Sedangkan yang menggunakan bahan bakar pertalite + 2,5 gr Napthalene diperoleh Ne = 0,291Â KW pada putaran 1000 rpm pada beban 3 kg dan 0,767 KW pada beban 4 kg dengan putaran yang sama. Torsi (T) maksimum diperoleh 3,43 Nm pada beban 3 kg dan 8,71 pada beban 4 kg dengan putaran yang difariasikan. ( 1000, 1500 dan 2000 rpm)Â yang dihasilkan oleh penggunaan bahan bakar Pertalite, Pertalite+ 2,5 gr Naphthalene dan Pertalite + 5 gr Napthalene, Dan pemakaian bahan bakar spesifik efektif dalam pengertian lebih hemat ditunjukkan oleh penggunaan bahan bakar pertalite + 2,5 gr Naphthalene sebesar SFc = 352,57 kg/Kwh dengan beban 3 kg dan 287,87 kg/Kwh dengan beban 4 kg dengan putaran mesin yang sama ( 1000 rpm) efisiensi kerja dan volumetrik dari mesin setelah pemakaian pertalite dengan campuran Naphtalene diperoleh 14,75 % dan 78,36%.
Kata Kunci : Pertalite, Naphthalene, pemakaian bahan bakar spesifik efektif. Efisiensi kerja