https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/issue/feed ABSTRACT OF UNDERGRADUATE RESEARCH, FACULTY OF INDUSTRIAL TECHNOLOGY, BUNG HATTA UNIVERSITY 2025-03-26T04:28:06+00:00 ariefrinolaminovia ariefrinolaminovia@yahoo.com Open Journal Systems https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27881 PENGARUH VARIASI KECEPATAN PUTARAN MOTOR (RPM) PADA PROSES WIRE DRAWING TERHADAP SIFAT MEKANIK KAWAT TI-6AL-4V DENGAN PELUMASAN OLI. 2025-03-26T03:15:42+00:00 Afrilman Wahyudi afrilman@gmail.com Iqbal iqbal@bunghatta.ac.id Proses wire drawing merupakan metode manufaktur yang digunakan untuk mengurangi diameter kawat dengan menariknya melalui cetakan (dies). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi kecepatan putaran motor wire drawing terhadap sifat mekanik kawat Ti-6Al-4V dengan pelumasan oli. Variabel kecepatan putaran motor yang digunakan adalah 1044 rpm dan 1350 rpm. Parameter yang dianalisis mencakup tegangan tarik maksimum, regangan, modulus elastisitas, dan kekerasan micro-Vickers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kecepatan putaran motor wire drawing menyebabkan peningkatan tegangan tarik maksimum dan modulus elastisitas, sedangkan nilai regangan cenderung menurun. Selain itu, kekerasan micro-Vickers mengalami sedikit peningkatan seiring dengan penurunan diameter kawat akibat proses wire drawing. Penggunaan pelumasan oli membantu mengurangi gesekan antara kawat dan dies, sehingga meningkatkan kualitas permukaan kawat yang dihasilkan. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan mengenai optimasi parameter wire drawing untuk meningkatkan sifat mekanik kawat Ti-6Al-4V yang banyak digunakan dalam industri penerbangan, medis, dan manufaktur presisi tinggi. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27883 ANALISIS SIFAT MEKANIK BIO KOMPOSIT RESIN EPOKSI SERAT KENAF DENGAN ORIENTASI SERAT ANYAMAN MENGGUNAKAN COMPRESSION MOLDING 2025-03-26T03:26:46+00:00 Abdul Rahim abdulrahim02@gmail.com Hendra Suherman hendras@bunghatta.ac.id This study aims to analyze the mechanical properties of epoxy resin-based bio-composites with kenaf fiber reinforcement arranged in a woven pattern using the compression molding method. Kenaf fiber was chosen because it is an environmentally friendly natural fiber, has high cellulose content, and has the potential to replace synthetic fibers. Epoxy resin is used as a matrix because it is lightweight, has superior mechanical strength, and is resistant to wear. This study tested the mechanical properties of the composite, including flexural strength, impact, and hardness (shore hardness). The results showed that increasing the percentage of kenaf fiber in the composite contributed to improving the mechanical properties of the material. This bio-composite is expected to be a more environmentally friendly alternative material for various industrial applications. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27885 PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN KOH TERHADAP KEKUATAN IMPACT DAN KEKUATAN TEKAN KOMPOSIT HIBRID SERAT ROTAN DAN SERAT BAMBU DENGAN RESIN EPOXY 2025-03-26T03:31:20+00:00 Budi Pratama budipratama03@gmail.com Burmawi burmawi@bunghatta.ac.id Kemajuan teknologi mendorong generasi mendatang untuk mengembangkan material-material yang memiliki berat jenis rendah tetapi memiliki kualitas mekanik yang sebanding dengan logam. Kriteria-kriteria tersebut dapat diwujudkan melalui pengembangan material komposit. Material komposit yang terbuat dari serat alam telah mampu menggantikan logam, baja, dan kayu karena kemudahan penggunaan dan fiturnya. Penggunaan serat bambu dan serat rotan sebagai penguat material komposit telah meningkat pesat dan telah mengalami revolusi teknologi tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Komposit hibrid ialah hasil penggabungan dari minimal dua jenis material berbeda yang disusun dalam susunan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh larutan KOH terhadap kekuatan impact komposit hibrid serat rotan dan serat bambu dengan resin epoxy. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan metode hand lay-up. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dengan 3 spesimen komposit hybrid serat rotan dan serat bambu, didapatkan hasil bahwa rata rata nilai kekuatan impact tertinggi diantara konsentrasi KOH 5% dan 10% adalah pada komposisi hibrid 70%:30% dengan konsentrasi 10% yang nilainya 3,6 J/mm. Kekuatan tekan tertinggi terjadi pada konsentrasi KOH 10% komposisi hibrid 70%:30% dengan nilai 46,233 Mpa. Hal ini membuktikan bahwa komposisi hibrid dengan konsentrasi KOH tinggi memberikan dampak pada kekuatan impact dan kekuatan tekan. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27886 Perancangan Rangka Mesin Penggiling Biji Kopi Kapasitas 40 Kg/Jam Menggunakan Program Aplikasi SolidWorks 2025-03-26T03:34:40+00:00 Anggi Herdevindra anggiherdevindra@gmail.com Edi Septe edisepte@bunghatta.ac.id Mesin penggiling kopi merupakan salah satu peralatan penting dalam industri kopi untuk meningkatkan efisiensi produksi. Namun, permasalahan seperti kerusakan struktural pada rangka mesin sering terjadi akibat distribusi beban yang tidak merata dan material yang kurang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk merancang rangka mesin penggiling kopi yang optimal dengan kapasitas 40 kg/jam menggunakan program aplikasi SolidWorks. Metode yang digunakan meliputi simulasi menggunakan Finite Element Analysis (FEA) untuk mengevaluasi tegangan, displacement, dan faktor keamanan (Factor of Safety). Material utama yang digunakan adalah Alloy Steel dengan dimensi rangka 790 mm × 430 mm × 580 mm. Hasil simulasi menunjukkan tegangan maksimum sebesar 32,098 MPa, displacement maksimum 0,156 mm, dan faktor keamanan tertinggi 873,928, yang mengindikasikan desain rangka memiliki tingkat keamanan yang baik. Desain rangka ini diharapkan dapat meningkatkan daya tahan mesin penggiling kopi, mengurangi biaya perawatan, dan memberikan kontribusi signifikan pada industri pengolahan kopi, baik dalam skala kecil maupun besar. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27887 STUDI ANALISIS DISPENSER AIR MINUM MENGGUNAKAN TENAGA SURYA 2025-03-26T03:38:40+00:00 Danny Givary dannygivary@gmail.com Kaidir kaidir@bunghatta.ac.id Peningkatan kebutuhan energi listrik mendorong pemanfaatan sumber energi terbarukan sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan. Salah satu solusi yang potensial adalah pemanfaatan energi surya melalui sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja dispenser air minum yang menggunakan energi surya dibandingkan dengan sumber listrik PLN. Metode penelitian melibatkan pengujian panel surya, pengambilan data daya listrik yang dihasilkan oleh PLTS, serta perbandingan konsumsi daya dispenser saat menggunakan PLTS dan sumber PLN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya yang dihasilkan PLTS mengalami fluktuasi akibat variasi intensitas cahaya matahari, sementara daya dari PLN lebih stabil. Secara keseluruhan, meskipun PLTS dapat mendukung operasional dispenser, efisiensinya masih lebih rendah dibandingkan dengan listrik PLN. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27888 Perancangan Cetakan Briket Pada Mesin Pencetak Briket” 2025-03-26T03:42:56+00:00 Rahmadanil Wirmansyah rahmadanil@gmail.com Wenny Marthiana Wennymarthiana@bunghatta.ac.id The design of the briquette mold on the briquette molding machine aims to increase the efficiency of biomass briquette production as an alternative renewable energy. Biomass briquettes have great potential in reducing dependence on fossil fuels by utilizing organic waste such as sawdust and coconut shells. In this study, the briquette mold was designed in a cylindrical shape using ST 70-2 steel material which has high compressive strength and is corrosion resistant. The simulation process was carried out using SolidWorks 2020 software to analyze stress, displacement, strain, and safety factor on the mold and press shaft with a compressive force of 4000 N. The simulation results show that the design of the mold and press shaft is able to withstand the compressive load effectively without experiencing significant deformation. The safety factor (FOS) obtained is in the safe range for long-term use. The resulting briquettes have good density and combustion quality, thus increasing their utility as an alternative fuel. This design is expected to be a solution in the production of biomass briquettes with high quality and better efficiency, as well as contributing to reducing the use of fossil energy. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27889 STUDI PENGERING PAKAIAN MENGUNAKAN AC 0,5 PK SIRKULASI TERTUTUP MENGUNAKAN PANEL SURYA 2025-03-26T03:46:49+00:00 Gusti Nurmanto gustinurmato@gmail.com Kaidir kaidir@bunghatta.ac.id Indonesia merupakan sebuah negera beriklim tropis dengan keunggulan iklim yang sangat potensial terhadap sinar matahari yang selalu tersedia sepanjang tahun. Sinar matahari yang merupakan sumber energi dapat dikonversi menjadi sebuah energi listrik melalui panel surya, dari sinar matahari menghasilkan gagasan dalam Pengeringan pakaian dengan mengunakan mesin pengkondisian udara yang memanfaatkan panas buang pada sebuah kondensor untuk mengeringkan pakaian dengan siklus tertutup.Tujuan penelitian ini, mengetahui efektifitas panas buang yang dihasilkan kondensor dalam proses pengeringan pakaian yang akan dikeringkan. Penelitian ini mengunakan metode eksperimental yang membutuhkan waktu 130 menit dengan memvariasikan jenis pakaian yang akan dikeringkan dengan mengunakan rangkaian pararel pada panel surya dengan mengunakan kompresor 0,5PK. Dalam ini menghasilkan Pada variasi berat baju (2090gram), nilai COP dengan memanfaatkan panas buang kondensor sebagai pengering pakaian mencapai 7,27. Dan nilai kabb dengan memanfaatkan panas buang kondensor sebagai pengering pakaian mencapai nilai tertinggi dengan 17% dan kabk mencapai nilai tertinggi dengan nilai 23%. Pada variasi berat celana(4240gram) nilai COP dengan memanfaatkan panas buang kondensor sebagai pengering pakaian mencapai 7,90 dan nilai kabb dengan memanfaatkan panas buang kondensor sebagai pengering pakaian mencapai nilai kabb tertinggi dengan 15% dan kabk mencapai nilai tertinggi dengan nilai 17%. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27890 PERANCANGAN POMPA HYDRANT UNTUK SISTEM PEMADAM KEBAKARAN PADA JETTY 1 (MARINE) PT. PERTAMINA ( PERSERO) RU II PRODUCTION SUNGAI PAKNING 2025-03-26T03:50:20+00:00 hasbi Maulana Hasbimaulana@gmail.com Edi Septe edisepte@bunghatta.ac.id Kebakaran merupakan ancaman serius di industri minyak dan gas, terutama di area kilang dan dermaga distribusi yang memiliki risiko tinggi akibat pengolahan dan transportasi produk petroleum. Sistem pemadam kebakaran yang efektif menjadi kebutuhan mendesak untuk mengurangi kerusakan lingkungan, melindungi fasilitas, dan menjaga keselamatan jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pompa hydrant yang memenuhi standar NFPA guna meningkatkan kapasitas debit air melalui sistem paralel pada dermaga Jetty 1 (Marine) PT. Pertamina RU II Production Sungai Pakning. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27891 KAJI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK KOROSI KUNINGAN (Cu-Zn) DI LINGKUNGAN AIR LAUT KOTA PADANG 2025-03-26T03:54:04+00:00 ibnu Carissima ibnucarissima@gmail.com Edi Septe edisepte@bunghatta.ac.id Indonesia, sebagai negara kepulauan, sangat bergantung pada transportasi laut, dengan kapal sebagai sarana utamanya. Baling-baling kapal, komponen mekanis vital, berfungsi untuk menggerakkan kapal namun terendam di air laut dan rentan terhadap korosi. Korosi adalah proses alami yang dapat menyebabkan kerusakan besar dan kerugian, sehingga penting untuk memahami kecepatan korosi pada material seperti kuningan, yang dikenal sebagai material tahan korosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur laju korosi kuningan (Cu-Zn) pada baling-baling kapal dengan metode perendaman dalam air laut dari Teluk Bayur Padang, yang ditempatkan dalam wadah akuarium.Pengujian dilakukan pada interval waktu 240 jam, 480 jam, 720 jam, 960 jam, 1200 jam, 1440 jam, 1680 jam, 1920 jam, 2160 jam, dan 2400 jam. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada waktu 240 jam, material kuningan mengalami pitting corrosion. Pada interval waktu yang lebih lama, seperti 480 jam dan seterusnya, korosi yang terjadi meliputi dealloying, uniform corrosion, selective corrosion, dan galvanic corrosion. Korosi menyerang permukaan material kuningan, namun kuningan menunjukkan tingkat kehilangan berat yang relatif rendah dibandingkan material lainnya, berkat sifat paduannya yang memberikan ketahanan terhadap korosi. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27893 ANALISIS SIFAT MEKANIK KOMPOSIT ROTAN DENGAN EPOKSI RESIN YANG DISUSUN SECARA ACAK UNTUK APLIKASI KAKI PALSU 2025-03-26T03:57:29+00:00 Aulia Rahman auliarahman@gmail.com Burmawi burmawi@bunghatta.ac.id Produk kaki palsu yang beredar di Indonesia saat ini, mayoritas produk impor dan terbuat dari material stainless steel. Stainless steel juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya harga dan biaya produksi relativ mahal. bahan alternativ pengganti stainless steel yaitu komposit serat rotan. Komposit serat rotan sebagai serat alami memiliki kelebihan yaitu perbandingan kekuatan spesifik yang tinggi sehingga lebih ringan, ketersediaan bahan baku yang melimpah, dapat didaur ulang, harga lebih murah, ramah lingkungan dan tidak membahayakan kesehatan serta lingkungan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi serat rotan dan waktu perendaman serat rotan yang terbaik dan menghasilkan nilai tekan yang tinggi dengan mengunakan metode hand lay up. Dari hasil penelitian didaptkan bahwa komposisi serat rotan dan waktu perendaman yang terbaik yaitu pada komposisi serat rotan 70%:30% dengan lama perendaman 3 jam dengan nilai rata rata tekan sebesar 63,69 MPa. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27894 “PEMBUATAN MESIN PENCACAH BOTOL PLASTIK MENGGUNAKAN MOTOR LISTRIK” 2025-03-26T04:00:56+00:00 Muhammad Rozi muhammadrozi@gmail.com Rizky Arman rizkyarman@bunghatta.ac.id The increasing problem of plastic waste requires innovative solutions to support the recycling process. This study aims to design and manufacture a plastic bottle shredder machine using an electric motor, which is capable of converting plastic waste into small pieces measuring ±0.5 cm. This machine is designed to improve the efficiency of the plastic waste processing process, both in terms of transportation, storage, and further processing. The methods used in the study include designing the main components such as electric motors, hoppers, shafts, bearings, shredder blades, and machine frames. The manufacturing process involves turning, welding, drilling, and component assembly techniques. Testing was carried out to evaluate the performance of the machine in shredding used plastic bottles into high-quality shreds. The results of the study showed that this shredder machine is effective in increasing the selling value of plastic waste and facilitating the recycling process at the community and industrial levels. In addition, the machine design has been adjusted to ensure operational safety and energy efficiency. With this machine, it is expected to support efforts to reduce plastic waste while opening up new business opportunities in plastic waste management. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27895 Studi Eksperimen Pengaruh Jumlah Blade Terhadap Karakteristik Kerja Axial Fan Berprofil Curved Backward Berdiameter 120 mm 2025-03-26T04:04:41+00:00 Rey Rahmad reyrahmadsir@gmail.com Yovial Yovial@bunghatta.ac.id This study aims to analyze the effect of the number of blades on the working characteristics of a curved backward axial fan with a diameter of 120 mm. Axial fans are devices used to increase air flow rates with various applications, such as HVAC, electronic device cooling, and the automotive industry. Design parameters, such as the number of blades, affect the efficiency, flow rate, air pressure, and noise level of the fan. Experiments were conducted using two variations of the number of blades, namely 7 and 9 blades. Tests were carried out in pipes using measuring instruments such as wind tunnels, laser tachometers, and U manometers to measure air flow velocity, static pressure, and fan efficiency. The results showed that increasing the number of blades affected the increase in air pressure and fan efficiency, but could decrease the air flow velocity due to greater aerodynamic resistance. This study contributes to determining the optimal design of an axial fan based on the number of blades to achieve maximum efficiency. The results are expected to be a reference for the development of axial fan designs invarious industrial and electronic applications. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27896 SISTEM PEMIPAAN DAN POMPA PADA BAHAN BAKAR AVTUR DARI TANGKI TIMBUN KE TRUCK LOADING 2025-03-26T04:08:15+00:00 Ridjatul Aghim ridjatulaghim@gmail.com Iman Satria Imansatria@bunghatta.ac.id Penelitian ini membahas desain sistem pemompaan dan pemipaan bahan bakar avtur dari tangki penyimpanan ke fasilitas truck loading. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi distribusi bahan bakar dengan memastikan pengaliran yang stabil, aman, dan sesuai dengan standar industri penerbangan. Metode penelitian mencakup analisis teknis terhadap sistem pemipaan, perhitungan tekanan dan debit aliran, serta pemilihan pompa yang optimal. Selain itu, aspek keamanan menjadi perhatian utama dengan menerapkan sensor deteksi kebocoran dan sistem kontrol otomatis guna mengurangi risiko operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi desain yang tepat dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi kehilangan tekanan, serta meningkatkan keandalan dalam pengisian bahan bakar avtur ke truck loading. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27897 PERANCANGAN ALAT PENGERING IKAN LELE ASAP DENGAN TIPE ALIRAN VERTIKAL MENGGUNAKAN EXHAUST FAN 2025-03-26T04:12:30+00:00 Saddam Husein saddamhusein@gmail.com Suryadimal suryadimal@bunghatta.ac.id Drying is one of the oldest food preservation methods that is effective in reducing water content to extend the shelf life of food ingredients, including catfish. This study aims to design a vertical flow smoked catfish dryer using an exhaust fan. This tool is designed to increase the efficiency of the drying process by considering key factors such as temperature, air flow velocity, humidity, material dimensions, and initial water content. The design process involves heat and mass transfer analysis, material selection, and calculation of technical specifications for components such as drying chambers, racks/trays, ducting, and exhaust fans. The design results show that this tool is able to reduce the water content of fish significantly to an optimal level to inhibit bacterial growth. Thus, this tool is expected to improve the quality of catfish preservation efficiently and economically, supporting the post-harvest fisheries industry in developing countries. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27899 Kaji Eksperimental Laju Korosi Baja ASTM A36 Sebagai Material Propeller Di Lingkungan Air laut Kota Padang 2025-03-26T04:16:08+00:00 sayid Agil sayidagilridho@gmail.com Edi Septe edisepte@bunghatta.ac.id Indonesia, sebagai negara tropis dengan curah hujan, kelembaban, dan intensitas sinar matahari yang tinggi, serta statusnya sebagai negara berkembang, telah mengalami perkembangan industri yang pesat. Namun, hal ini juga berkontribusi pada peningkatan pencemaran lingkungan. Salah satu fenomena alam yang berdampak pada lingkungan adalah proses korosi, yang terjadi pada material logam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara eksperimental laju korosi material baja ASTM A36 yang digunakan sebagai material propeller kapal, dan untuk mengetahui laju korosi yang diterima oleh material A36 dengan air laut yang di arahkan ke material. Pengujian dilakukan dengan variasi waktu 96 jam, 120 jam, 144 jam, 168 jam, 192 jam, dan 216 jam.Hasil pengujian menunjukan semakin lama spesimen terpapar air laut maka semakin besar pula korosi yang terjadi. pada spesimen uji variasi 96 jam, mengalami korosi erosi, 120 jam, pitting corrosion dan 144 jam, 168 jam, 192 jam, 216 jam mengalami korosi erosi yang merusak permukaan material ASTM A36. Dari hasil pengujian ini dapat diketahui bahwa material ASTM A36 yang tidak di campur dengan material lain atau diberi pelapisan maka akan mengalami korosi dengan cepat dan gejala-gejala pengikisan yang lebih agresif. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27900 PENGERING IKAN MENGGUNAKAN PANAS KONDENSOR MESIN PENGKONDISIAN UDARA 2025-03-26T04:19:18+00:00 Yosef Kurnia Yosefkurnia@gmail.com Kaidir kaidir@bunghatta.ac.id Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan panas buang dari kondensor mesin pengkondisian udara (AC) sebagai sumber energi dalam proses pengeringan ikan. Sistem pengering ini dirancang untuk mengurangi kadar air ikan dengan memanfaatkan udara panas yang berasal dari kondensor. Eksperimen dilakukan dengan mengeringkan ikan nila, bada, dan rinuak menggunakan alat pengering yang dirancang khusus. Data dikumpulkan melalui pengukuran suhu, kelembaban udara, dan berat ikan sebelum dan setelah pengeringan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam mengurangi kadar air ikan secara signifikan serta meningkatkan efisiensi proses pengeringan dibandingkan metode konvensional. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTI/article/view/27901 KAJI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK KOROSI PADUAN TEMBAGA–SENG DI LINGKUNGAN AIR LAUT 2025-03-26T04:22:40+00:00 Yoska Bira Fajri Yoskabirafajri@gmail.com Edi Septe edisepte@bunghatta.ac.id Indonesia, sebagai negara kepulauan, sangat bergantung pada transportasi laut dengan kapal sebagai sarana utamanya. Baling-baling kapal yang terendam di air laut rentan terhadap korosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur laju korosi paduan tembaga-seng (Cu-Zn) atau kuningan yang digunakan pada baling-baling kapal melalui metode perendaman dalam air laut dari kawasan pelabuhan Teluk Bayur Padang. Pengujian dilakukan pada interval waktu mulai dari 240 jam hingga 2400 jam. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada waktu 240 jam terjadi pitting corrosion, sedangkan pada waktu yang lebih lama ditemukan fenomena dealloying, uniform corrosion, selective corrosion, dan galvanic corrosion. Meskipun terjadi penurunan berat material, kuningan menunjukkan ketahanan yang relatif baik terhadap korosi. 2025-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025