IDENTIFIKASI POLA PERKEMBANGAN PROPERTI YANG TERJADI PADA SEBUAH AREA KOTA YANG CEPAT BERKEMBANG (Studi Kasus : Jalan Margonda Raya-Depok)

Authors

  • Rini Asmariati

Abstract

ABSTRACT


Development studies at commercial corridor in quick developing city talk about part or Margonda’s lane connector between Jakarta and Depok City, which now has become commercial area with regional scale service within 20 years. Research study was focused on function change of commercial corridor and the actors (government, developer, and user) that has roles in the change. That factor is influenced by physical and non-physical factor which later will affect to service scale. At the end, the research result conclude that the development of Margonda still can be develop in several years in the future with renovation and reconstruction by the government.


ABSTRAK


Studi perkembangan koridor komersial pada kota yang berkembang cepat dengan mengambil studi di Jalan Margonda yang dulunya merupakan jalur penghubung DKI Jakarta dengan Kota Depok, sekarang menjadi kawasan komersil dengan skala pelayanan regional dalam kurung waktu 20 tahun. Studi penelitian lebih difokuskan kepada identifikasi properti yang ada sepanjang Jalan Margonda yang merupakan jalur penghubung DKI Jakarta dengan Kota Depok. Hasil studi menyimpulkan adanya pola properti yang berkembang di sepanjang koridor komersial yang dipengaruhi oleh peraturan pemerintah dan permintaan pasar. Diakhir penelitian menyimpulkan bahwa perkembangan Margonda masih bisa berkembang untuk beberapa tahun ke depan dengan pembenahan dan penataan dari pemerintah.


Keywords: Properti; koridor komersial; kebijakan pemerintah; Jl. Margonda Depok

Downloads

Published

2017-05-23