ANALISIS KEMAUAN PENUMPANG PESAWAT UDARA UNTUK MENGGUNAKAN BUS TRANS JOGJA

Authors

  • Eko Prayitno

Abstract

ABSTRACT


The objective of this research is to analyze the willingness of air passengers to use Trans Jogja bus instead of using private cars, motorcycles and taxi by using the stated preference technique. The analysis of air passengers willingness to use Trans Jogja bus is done by logit model and the data analysis is done by the help of LIMDEP software version 7.0. From data analysis results, utility values of each mode are -5.057 for Trans Jogja bus and 10.114 for private cars, -2.865 for Trans Jogja bus and 5.169 for motorcycles, -1.885 for Trans Jogja bus and 3.753 for taxi. The probabilities of each mode are 0.9936 for Trans Jogja bus and 0.0064 for private cars, 0.9092 for Trans Jogja bus and 0.0908 for motorcycles, 0.8662 for Trans Jogja bus and 0.1338 for taxi. From chi-squared test, X2 value of private cars is 60.3138, X2 value of motorcycles is 65.0958, and X2 value of taxi is 43.8444. Overall success index (σi) of private cars is 0.225, overall success index (σi) of motorcycles is 0.1915 and overall success index (σi) of taxi is 0.1895. The results of the model application with some scenarios of the changes of cost and travel time show that the changes of cost and travel time attribute on Trans Jogja bus are more sensitive than the changes of utility value and probability. The elasticity value at Trans Jogja bus attribute is more sensitive than private cars, motorcycles and taxi mode, and all the attributes that are stuck on each mode have inelastic characteristic. It is caused by the service characteristic that is significantly different, particularly from travel time aspect. Hence the attribute change that happens on Trans Jogja is elastic to private cars, motorcycles and taxi.
Key words : willingness, stated preference, logit model, cost


ABSTRAK


Studi ini bertujuan untuk membuat analisis kemauan penumpang pesawat udara untuk menggunakan bus trans jogja dari pengguna kendaraan pribadi baik mobil, sepeda motor dan taksi dengan menggunakan teknik stated preference. Analisis kemauan penumpang pesawat udara untuk menggunakan bus trans jogja ini menggunakan logit model dan analisis data menggunakan bantuan software LIMDEP versi 7.0. Dari hasil analisis data, nilai utilitas untuk masing-masing moda bus trans jogja sebesar -5,057 dan mobil pribadi sebesar 10,114, bus trans jogja sebesar -2,865 dan sepeda motor sebesar 5,169, bus trans jogja sebesar -1,885 dan taksi sebesar 3,753. Nilai probabilitas untuk masing-masing moda bus trans jogja sebesar 0,9936 dan mobil pribadi sebesar 0,0064, bus trans jogja sebesar 0,9092 dan sepeda motor sebesar 0,0908, bus trans jogja sebesar 0,8662 dan taksi sebesar 0,1338. Hasil uji Chi-Squared (X2) mobil pribadi sebesar = 60,3138, sepeda motor sebesar = 65,0958 dan taksi sebesar = 43,8444. Indeks sukses keseluruhan (σi) mobil pribadi = 0,225, indeks sukses keseluruhan (σi) sepeda motor = 0,1915 dan indeks sukses keseluruhan (σi) taksi = 0,1895. Hasil aplikasi model dengan beberapa skenario perubahan cost dan waktu perjalanan menunjukan bahwa perubahan atribut cost dan waktu perjalanan pada bus trans jogja lebih sensitif terhadap perubahan utilitas dan probabilitas. Nilai pada atribut bus trans jogja lebih sensitif dibandingkan moda mobil pribadi, sepeda motor dan taksi dan seluruh atribut yang melekat pada masing-masing moda, hal ini disebabkan karateristik pelayanan yang berbeda secara signifikan terutama dari segi cost dan waktu perjalanan. Sehingga perubahan atribut yang terjadi pada bus trans jogja bersifat sensitif terhadap moda mobil pribadi, sepeda motor dan taksi.


Kata kunci : Kemauan, stated preference, logit model, cost

Downloads

Published

2017-05-23