KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU SMA NEGERI SEKECAMATAN SUNGAI PAGU KABUPATEN SOLOK SELATAN (SEBUAH RANCANGAN PENELITIAN)

Penulis

  • Yedraniarti dan Welya Roza .

Abstrak

ABSTRAK
Terkait dengan judul penelitian ini permasalahan yang terjadi adalah 1) masih adanya
guru terlambat masuk kelas dengan berbagai alasan, 2) masih adanya guru meninggalkan tugas
mengajarnya, 3) masih adanya guru meninggalkan tugas di kelas namun guru tersebut disibukkan aktivitas
lainnya, 4) masih adanya guru mengajar tanpa perangkat dan media pembelajaran, 5) masih ditemukan
guru kurang profesional dalam melaksanakan tugasnya , dan 6) adanya beberapa guru PNS tidak
mengikuti upacara setiap hari Senin, hari besar nasional, dan kultum di setiap hari Jumat. Sehubungan
dengan permasalahan di atas penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kontribusi gaya
kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru, 2) mengetahui kontribusi motivasi
kerja terhadap disiplin kerja guru, dan 3) mengetahui kontribusi kedua variabel bebas secara
bersamaan terhadap disiplin kerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis
penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS dan kepala sekolah SMA
sekecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik
stratified proporsional random sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner/
angket dan data siap berupa nilai kedisiplinan guru pada DP3. Hasil penelitian diharapkan adanya
kontribusi kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru SMA sekecamatan
Sungai Pagu. Hal ini membuktikan bahwa untuk meningkatkan disiplin kerja guru dilakukan melalui
peningkatan kepemimpinan partisipatif kepala sekolah.
Kata Kunci:Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah, Disiplin Kerja Guru

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-06-05