PEMANFAATAN MEDIA AUDIOVISUAL SEBAGAI SOLUSI TERHADAP PERMASALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR

Penulis

  • Desi Marlina dan Hasnul Fikri .

Abstrak

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan hasil belajar siswa
dalam menyusun teks prosedur belum sesuai dengan harapan. Tujuan dari penelitian ini untuk
mendeskripsikan kemampuan siswa MTsN 14 Tanah Datar dalam menulis teks prosedur dan menemukan
solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut, khususnya dengan penggunaan media pembelajaran. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teks prosedur yang dikemukan
oleh Mahsun (2014), Priyatni ( 2014) dan media pembelajaran yang dikemukan oleh Arsyad (1997),
Djamarah dan Zain ( 2010), Sanaky (2009) . Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif melalui
deskripsi analitis dan studi kepustakaan. Data penelitian ini adalah teks prosedur yang ditulis oleh siswa
kelas VII MTsN 14 Tanah Datar dan pendapat pakar tentang media pembelajaran. Kemampuan menulis
dianalisis dengan menggunakan indikator penilaian yang meliputi kesesuai ciri-ciri teks prosedur,
kelengkapan struktur teks prosedur, dan aspek kebahasaan yang meliputi ejaan, diksi, kalimat, dan
paragraf. Solusi pemecahan masalah dilakukan dengan mengkaji teori dan hasil penelitian terkait dengan
media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama kemampuan menulis teks siswa
ditemukan bahwa (a) pada aspek kesesuaian dengan ciri-ciri teks prosedur dari total karangan siswa, 0%
sangat sesuai, 20 % sesuai, 20% agak sesuai, 40% kurang sesuai, dan 20% sangat tidak sesuai ciri-ciri teks
prosedur; (b) pada aspek kelengkapan struktur teks prosedur dari total karangan siswa, 20% sangat
lengkap, 0% lengkap, 80% agak lengkap, 0% kurang lengkap, dan 0% sangat tidak lengkap, (c) pada
aspek kebahasaan dari total karangan siswa, 0% sangat baik, 20% baik, 60% agak baik, 20% kurang baik,
dan 20% sangat tidak baik kebahasaannya. Kedua, permasalahan ini dapat diatasi melalui penggunaan
media audiovisual karena media audio visual dapat bermamfaat dan efektif dalam melatih siswa pada
keterampilam menulis .
Keywords: menulis teks prosedur, media audivisual, siswa kelas VII MTsN

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-06-05