TEKNIK MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA

Penulis

  • ELLY S, Yetty Morelent .

Abstrak

ABSTRAK
Salah satu aspek keterampilan berbahasa yang penting adalah menulis dan harus dikuasai siswa
mulai dari SD, SMP, SMA, dan SMK. Salah satu jenis keterampilan menulis yang dituntut dalam
Kurikulum tahun 2006 adalah keterampilan menulis cerpen. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi
proses peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui teknik mind mapping. khususnya dalam aspek:
perhatian, gairah belajar, keaktifan, motivasi; dan tingkat keberhasilan keterampilan menulis cerpen
melalui teknik mind mapping. Khususnya dalam aspek: judul, mengawali cerita, pengembangan alur,
bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Permasalahan tersebut berangsurangsur
dapat diatasi dengan penerapan teknik pembelajaran mind mapping. Siswa aktif bertanya dan
berdiskusi selama PBM berlangsung. Siswa juga lebih bergairah dalam menulis latihan dan bersungguhsungguh
dalam menulis cerpen. Berdasarkan hasil pretes diketahui bahwa nilai cerpen masih rendah yaitu
67,5.
Kata Kunci: keterampilan menulis cerpen, mind mapping

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-06-05