MODEL MODUL BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS HASIL OBSERVASI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SMP

Penulis

  • Nova widia 1, Marsis 2 .

Abstrak

ABSTRAK
Bahan ajar merupakan faktor penentu keberhasilan proses pembelajaran yang keberadaannya
memegang peran penting bagi peserta didik maupun guru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1)
mengetahui kelayakan bahan ajar teks hasil observasi; dan (2) mengetahui keefektifan bahan ajar terhadap
hasil belajar aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, motivasi belajar, dan kreativitas belajar peserta
didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Adapun beberapa kendala dari
siswa kurang memahami pembelajaran teks hasil observasi kendala kendala tersebut adalah (1) Belum
tersedianya bahan ajar teks laporan hasil observasi bahasa Indonesia yang disesuaikan dengan kondisi
siswa SMP. (2) peserta didik kesulitan mencapai kompetensi menyusun teks sebagai hasil belajar aspek
keterampilan melalui penilaian proyek sehingga peserta didik kurang termotivasi untuk mencobanya. (3)
materi teks laporan hasil observasi bahasa Indonesia yang banyak dan sulit dipahami oleh siswa tanpa
panduan dari guru menjadikan efisiensi dan efektivitas pembelajaran menjadi rendah dan akhirnya
pencapaian tujuan pembelajaran kurang optimal. Hasil yang diperoleh: 1) pengembangan bahan ajar teks
hasil observasi untuk SMP dinyatakan sangat layak oleh ahli dan guru Bahasa Indonesia dengan
komponen penilaian kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian materi. Respon peserta didik terhadap
modul juga sangat baik , kelayakan isi, kebahasaan, penyajian materi, dan kualitas kegrafikaan. 2) Hasil
uji keefektifan menunjukkan bahwa modul teks hasil observasi sangat efektif digunakan sebagai
penunjang pembelajaran.
Kata kunci: bahan ajar, teks hasil observasi, pendekatan scientific.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-06-05