PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMAN 4 SOLOK SELATAN: SEBUAH RANCANGAN PENELITIAN

Penulis

  • Rosma Diana dan Ineng Naini .

Abstrak

Abstrak
Keterampilan menulis merupakan jenis keahlian funsional. Menulis cara siswa dalam
mengekpresikan pikiran, ide, dan gagasan, serta perasaan kepada orang lain. Menulis juga merupakan
kegiatan yang bisa melahirkan sebuah kreativitas seseorang. Cerpen yang ditulis siswa meruapakan
bercerita dengan menggunakan daya khayal atau imajinasi. Hal ini dilakukan melalui pengalaman
pribadi maupun orang lain.Kenyataannya bahwa hasil karya cerpen siswa belum maksimal. Hal ini
disebabkan oleh karena proses pembelajaran yang belum efektif dan model pembelajaran guru dalam
proses belajar mengajar masih secara konvensional atau ceramah dan kurang bervariasi sehingga
membosankan. Ada beberapa model pembelajaran yang dianggap bisa mengatasi masalah tersebut,
salah satunya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Permasalahan dalam penelitian ini
adalah: (1) Apakah keunggulan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)? (2) Apakan ada
penelitian yang relevan?(3) Metode apakah yang digunakan dalam penelitian ini? Tujuan penulisan
ini untuk memaparkan sebuah rencana penelitian yang akan dilaksanakan.
Kata Kunci: Pembelajaran Project Basid Learning (PjBL),Motivasi Belajar, Menulis Cerpen,

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-06-05