MODEL BAHAN AJAR PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA MORAL/FABEL BERBASIS PROYEK

Penulis

  • SintaFebriani, Marsis .

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya pembelajaran bahasa Indonesia siapa siswa tingka
SMP. Selama ini, guru mengalami keterbatasan dalam merancang model yang efektif untuk
mengaktifkan dan mencerdaskan siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah
menerapkan model pembelajaran berbasis proyek yang berorientasi pada kecerdasan
interpersonal dalam pembelajaran sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan
bahan ajar pada pembelajaran teks cerita moral/fabel. Siswa dalam pembelajaraaaan memerlukan
bahan ajar berupa modul sebagai salah satu sumber belajar bagi mereka.Penelitian ini bertujuan
untuk (1)mengembangkan media pembelajaran menulis teks fabel bagi siiswa SMP yang berisi
materi, contoh, dan latihan unntuk mencapai indikator dan tujuan pembelajaran dan (2)
mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran meeenulis teks cerita meral/febel bagi siswe
SMP Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teks cerita moral/fabel dan model
pembelajaran berbasis proyek. Jenis penelitian yang digunkan adalah Penelitian dan
Pengembangan Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah 4P,
yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran. Subjek penelitian ini adalah
siswa SMP kelas VII.
Kata kunci: model bahan ajar, pembelajaran menulis teks cerita moral/fabel, berbasis proyek

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-06-23