PENGARUH PENERAPAN TEKNIK UBAH DIARY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGAI PENUH

Penulis

  • Dedi Herman Marsis Ineng Naini

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah dalam pembelajaran siswa kelas X
mengalamaikesulitandalammengerjakantugasmenulispuisi.Olehsebabitu,perludiadakansuatu
upayauntukmeningkatkanketerampilanmenulispuisidenganpemilihanteknikyang tepat. Untuk
dapat menulis sebuah puisi siswa membutuhkan persyaratan yang berupa pengetahuan
kebahasaan, keterampilan berbahasa, dan kemampuan siswa dalam berimajinasi. Penelitian
ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penerapan teknik ubah diary dan motivasi belajar
siswa terhadap menulis puisi.Teori yang digunakan dalam penelitian ini tentang puisi, yaitu
teori Rokhmansyah, teori tentang motivasi, yaitu teori Uno dan Kompri, dan teori tentang
teknik ubah diary, yaitu teori Sutejo.populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Jumlah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai
Penuh adalah sebanyak 364 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random
sampling sederhana kemudian yang menjadi sampel adalah kelas X MIPA yang terdiri dari 6
kelas. Dari 6 kelas diambil 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4.
Kata kunci: menulis, motivasi, menulis puisi, teknik ubah diary.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-06-23