ANALISIS KEPUASAN NELAYAN TERHADAP PENGELOLAAN PPI SASAK DI KABUPATEN PASAMAN SUMATERA BARAT
Abstrak
Kajian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan nelayan terhadap pengelolaan PPISasak di Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian studi kasus yang dilaksanakan pada bulan Juli - September 2017 di PPI Sasak.
Analisis data dilakukan terhadap data primer dan sekunder. Pengolahan dan analisis data
dilalakukan memakai (CSI= kepuasan konsumen). IPA = Importance and Performance
Analysis, (GAP= analisa kesenjangan). Sampel / Responden yang dipilih menggunakan
kaedah slovin yaitu sebanyak 84 nelayan yang tersebar di 2 jorong. Sebelum pengolahan
data, Kuesioner sebagai alat pengukuran dan analisi maka dilakukan uji validitas dan uji
realibilitas dengan jumlah sampel uji sebanyak 30 responden.
Hasil perhitungan kepuasan konsumendiperoleh nilai sebesar 51,98 % yang berarti
nelayan merasa cukup puas pengeloaan PPI Sasak secara keseluruhan. Berdasarkan hasil
uji IPA terdapat 5 atribut yang menjadi prioritas utama untuk perbaikan kinerja yaitu
Luas Kolam Pelabuhan (1), Atribut harga BBM (13), Kondisi dan kemampuan dermaga
menampung kapal (15), Jarak SPBU ke Dermaga (18), dan ketanggapan memperbaiki
fasilitas yang rusak (20). Sementara berdasarkan hasil analisis kesenjangan atribut harga
BBM , Jarak SPBU dengan dermaga dan fungsi fasilitas bengkel memiliki kesenjangan
antara1,792 – 2,159 yang berarti neayan tidak puas.
Kata kunci : Kepuasan Nelayan, IPA, GAP, PPI Sasak
##submission.downloads##
Diterbitkan
2019-07-17
Terbitan
Bagian
Artikel