PENERAPAN K3 KONSTRUKSI PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN KANTOR PELAYANAN PEMDA DI TAPAN

Penulis

  • Damel Van Wanda, Eva Rita (Hal. 414-418)

Abstrak

Pada Pekerjaan Konstruksi pasti tidak lepas dari kecelakaan kerja yang biasanya disebabkan karena kurangnya pemahaman dari tenaga kerja menerapkan K3 Konstruksi. Kerugian akibat kecelakaan kerja yang mengakibatkan korban meninggal dunia, cacat berat hingga cacat ringan. Hal ini dapat diterapkan dilingkungan pekerjaan konstruksi  bahwasanya keselamatan dan kesehatan kerja konstruksi sangatlah penting sebelum memulai dan melaksanakan pekerjaan konstruksi.

Penelitian ini melaksanakan kunjungan dan wawancara langsung di lokasi pekerjaan terhadap anggota proyek/tim proyek, selanjutnya mengindentifikasi resiko K3 konstruksi, pengendalian resiko K3 konstruksi  dan Penerapan K3 konstruksi  serta memahami tindakan yang akan dilakukan dalam menangani dan pengendalian terhadap risiko K3 pada pelaksanaan pekerjaan Pembangunan Kantor Pelayanan PEMDA di Tapan.

Hasil pembahasan dan penelitian didapati kurangnya Indentifikasi Bahaya, pengendalian resiko K3 dan penerapan K3 Konstruksi disebabkan karena belum dianggarkanya biaya K3 Konstruksi dalam RAB,  Kontraktor setidaknya harus menerapkan sistem  manajemen K3 konstruksi supaya  tenaga kerja dapat terhindar dari kecelakaan dan penyakit kerja dan Sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja konstruksi pada proyek Pembangunan Kantor Pelayanan PEMDA di Tapan belum  dilaksanakan dengan baik.

 

Keywords:  Penerapan K3 Konstruksi, Anggota Proyek/Tim Proyek, Resiko K3


##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-05-13